PERAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SMA NEGERI 3 SEMARANG

NIRMALA, ARDIAN WAHYU (2024) PERAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SMA NEGERI 3 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ARDIAN WAHYU NIRMALA.pdf] Text
ARDIAN WAHYU NIRMALA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nirmala, Ardian Wahyu. 2024. Peran Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah
Terhadap Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di SMA Negeri 3
Semarang.
Tesis.
Program
Studi
Manajemen
Pendidikan.
Program
Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Nurkolis, M.M
dan Pembimbing II Dr. Rosalina Br. Ginting, M.Si.
Kepala sekolah yang berjiwa wirausaha berarti menjadi pemimpin yang
memiliki kemampuan dan kemauan untuk selalu berinovasi, bekerja keras,
motivasi yang tinggi, pantang menyerah, mencari dan menemukan peluang, serta
mempengaruhi sumber daya di sekolah.
Tujuan
dari
penelitian yaitu mendeskripsikan dan menganalisis peran
kompetensi kewirausahaan kepala sekolah terhadap pelaksanaan program sekolah
penggerak di SMA Negeri 3 Semarang.
Pendekatan
penelitian
yang
digunakan
adalah
kualitatif.
Teknik
pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dengan tiga langkah:
reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran kepala sekolah dalam
menciptakan
inovasi
dengan
memberikan
kebebasan terhadap guru untuk
menyampaikan
gagasan,
bertindak
sebagai
fasilitator,
lebih
cepat
dalam
memecahkan masalah dan menciptakan program inovasi. 2) Peran kerja keras
kepala
sekolah
dengan
membentuk
koordinator
kegiatan
dan
membuat
program-program unggulan, mengajak komunikasi meminta masukan kepada
semua warga sekolah dan menanamkan mindset yaitu “aku menjadi kita”. 3)
Peran motivasi kuat kepala sekolah dengan kepala sekolah menanamkan mindset
yaitu “aku menjadi kita”, memiliki motivasi. serta tidak lupa melakukan semua
tugas pokok dan fungsinya. 4) Peran sikap pantang menyerah kepala sekolah
dengan melakukan analisis terkait kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman
yang
dihadapi
oleh
sekolah,
menjadi
teladan
dalam
bekerja.
5)
Naluri
kewirausahaan kepala sekolah dengan aktif menjalin relasi dan komunikasi,
mengarahkan, membimbing guru dan peserta didik serta memberikan teladan. 6)
Pengimbasan secara intensif internal maupun eksternal. 7) Munculnya Perdirjen
GTK 7327/2023 tentang Model Kompetensi Kepala Sekolah menyempurnakan
Permendikbud 13/2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah yang memiliki
hubungan erat dalam konteks peran kompetensi kewirausahaan kepala sekolah
dalam pelaksanaan Program Sekolah Penggerak.
Penulis menyarankan agar kepala sekolah lebih meningkatkan kompetensi
kewirausahaan dengan lebih inovatif, bekerja keras, bermotivasi kuat, pantang
menyerah, dan bernaluri kewirausahaan. Guru diharuskan untuk mendukung dan
selalu siap dalam pelaksanaan kegiatan.
Kata Kunci: inovasi, kerja keras, motivasi kuat, sikap pantang menyerah, naluri
kewirausahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:00
Last Modified: 26 Aug 2024 07:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4257

Actions (login required)

View Item
View Item