PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK TALKING CHIPS TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

KURNIARAHMAN, YOGY PRASETIYA (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK TALKING CHIPS TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of YOGY PRASETIYA KURNIARAHMAN 19110070.pdf] Text
YOGY PRASETIYA KURNIARAHMAN 19110070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong Peneliti ini adalah dari hasil wawancara
kepada guru BK dan siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. 1. Siswa
belum bisa memaksimalakan cara belajar 2. Siswa merasa kurang bersemangat
dalam belajar yang efektif 3. Siswa merasa malas dan mengantuk saat pembelajaran
berlangsung 4. Siswa masih menunda-nunda tugas. tidak Adakah Pengaruh
Pemberian layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Talking chips Terhadap
Kesulitan Belajar siswa Kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Tujuanya
untuk mengetahui adakah Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan Teknik
Talking chips Terhadap Kesulitan Belajar siswa Kelas X SMA Islam Sultan Agung
1 Semarang.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dalam bentuk True
Ekeperimen Desaign dengan desain pretest- Postest control grup design. Teknik
pengumpulan data Populasi pada peneliti ini sebanyak 366 siswa, terdapat 11
jumlah kelas. Sampel yang terpilih adalah siswa yang melakukan kesulitan belajar
kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang dari 33 siswa kelas X4 kelompok
ekperimen dan kelompok kontrol 30 siswa kelas X3 dengan menggunakan teknik
talking chips
Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat 4 tahapan dalam pelaksanaan
layanan bimbingan kelompok teknik talking chips yaitu: 1) tahap pembentukan, 2)
tahap peralihan, 3) tahap inti 4) tahap pengahiran penilian. Dalam hasil penelitian
ini terdapat perebedaan selisih skor pada siswa setelah diberikan layanan
bimbingan kelompok teknik talking chips, dibuktikan pada hasil hipotesis
signifikasi (2, tailed) sebesar 0,005.
Kata Kunci: Kesulitan belajar, Bimbingan kelompok, Talking chips

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:37
Last Modified: 05 Jan 2024 06:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item
View Item