EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS 4 SDN LEMAHPUTIH REMBANG

DEANISA, ALIFFIA RAHMA (2024) EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS 4 SDN LEMAHPUTIH REMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ALIFFIA RAHMA DEANISA.pdf] Text
ALIFFIA RAHMA DEANISA.pdf

Download (8MB)

Abstract

ALIFFIA RAHMA DEANISA. NPM 20120270. “Efektivitas Model Problem
Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar
IPAS Siswa kelas IV SDN Lemahputih Rembang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya partisipasi peserta didik
dalam pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada
materi tubuh tumbuhan. Hal ini disebabkan karena penggunaan metode
pembelajaran yang kurang tepat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana keefektifan model Problem Based Learning berbasis pembelajaran
berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas 4 SDN Lemahputih
Rembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan
model Problem Based Learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap
hasil belajar IPAS siswa kelas 4 SDN Lemahputih Rembang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain
eksperimen semu (Quasi Experimen Desaign) dengan bentuk One-Group Pretest-
Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SDN
Lemahputih Rembang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan satu kelas pada
kelas 4 SDN Lemahputih Rembang yaitu sejumlah 10 peserta didik. Pengambilan
sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian ini diperoleh melalui
tes, observasi, dan dokumentasi.
Dalam modul ajar, pembelajaran berdiferensiasi telah diterapkan. Namun
belum sepenuhnya mencakup ketiga aspek pembelajaran berdiferensiasi. Aspek
yang diterapkan hanya mencakup diferensiasi konten dan diferensiasi proses.
Gaya belajar yang diterapkan terbatas, hanya menggunakan gaya belajar visual
dan kinestetik. Meskipun demikian, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan.
Tidak semua aspek dan gaya belajar diterapkan, metode yang ada sudah cukup
efektif untuk meningkatkan pemahaman dan pencapaian akademik siswa.
Hasil analisis observasi keaktifan siswa menunjukkan bahwa rata-rata
sebesar 83,75 dengan kategori tinggi. Artinya, model PBL berbasis pembelajaran
berdiferensiasi dapat menciptakan kondisi belajar yang aktif. Sedangkan pada
hasil uji paired sampel t-test menunjukkan nilai sig 2-tailed sebesar 0,001.
Dimana 0,001 0,05 dengan taraf signifikasi sebesar 0,05, yang artinya terdapat
perbedaan hasil belajar siswa. Dengan adanya penggunaan model pembelajaran
PBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi telah mencapai KKM sebesar 70 dan
telah mencapai ketuntasan belajar klasikal dan diperoleh kriteria ketuntasan
minimal mencapai 90% dengan kategori sangat baik. Selain itu dibuktikan dengan
hasil N-Gain diperoleh skor 0,3 dan diperoleh rata-rata N-Gain skor
sebesar 57% dengan kategori sedang sehingga tafsirannya cukup efektif.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
model Problem Based Learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi dapat
digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif pilihan metode dalam mengajar
mata pelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:12
Last Modified: 26 Aug 2024 06:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4249

Actions (login required)

View Item
View Item