Hartanto, Agil Latif (2024) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PENGGUNA MAXIM DI KOTA SEMARANG). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Agil Latif Hartanto.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pertumbuhan teknologi dan informasi di era globalisasi mengalami percepatan
yang signifikan, terutama dengan kehadiran internet yang membuat berbagai hal
menjadi lebih efisien. Salah satu sektor yang terdampak adalah ekonomi, khususnya
melalui layanan ojek online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar
pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi dan citra merek terhadap keputusan
pembelian pengguna ojek online Maxim di Kota Semarang. Metode penelitian
kuantitatif digunakan dengan menyebarkan kuesioner dengan pengambilan sampel non
probability sampling dengan quota sampling, berdasarkan dengan teori Sugiono
(2001:60) yaitu menentukan sampel dari populasi yang mempunyai kriteria tertentu
sampai jumlah atau kuota yang diinginkan, sampel yang digunakan untuk penelitian ini
merupakan bagian dari unsur pada populasi yakni konsumen ojek online Maxim di Kota
Semarang yaitu 200 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara
promosi dan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan. Secara simultan,
semua variabel tersebut mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian pengguna Maxim di Kota Semarang. Temuan ini mengindikasikan bahwa
konsumen Maxim lebih dipengaruhi oleh strategi promosi dan citra merek daripada
faktor kualitas layanan dan harga. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi acuan bagi
perusahaan Maxim dalam keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Harga, Promosi, Citra Merek, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:14 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4243 |