DWIYANA SYAFFAFUDIN, DEDY and ANWAR, SAIFUL (2024) ANALISIS TINGKAT PELAYANAN PT. KERETA API INDONESIA TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PADA STASIUN CEPU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Rahma Binta Monica_20410078_ Skripsi.pdf
Download (3MB)
Abstract
Moda transportasi darat massal salah satunya adalah kereta api. Kereta api adalah
sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri
maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang bergerak di rel. Stasiun
Cepu adalah stasiun kereta api kelas besar tipe c yang terletak di Balun, Cepu,
Blora. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Stasiun Cepu diperlukan
Standar Pelayanan Minimum (SPM) berdasarkan Peraturan Menteri No.48 Tahun
2015 yang harus diterapkan. SPM adalah ukuran minimum pelayanan yang harus
dipenuhi oleh penyedia layanan dalam memberikan pelayanan kepada pengguna
jasa dan harus dilengkapi dengan tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai
kewajiban. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan
analisis Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian
Stasiun Cepu sudah memenuhi parameter SPM dengan tingkat kepuasan rata-rata
sebesar 4,39 dan tingkat kesesuaian rata-rata sebesar 96,93% yaitu dengan
predikat puas. Namun, terdapat indikator pelayanan yang perlu mendapatkan
prioritas utama untuk ditingkatkan yaitu petunjuk jalur evakuasi dan kenyamanan
ruang tunggu.
Kata Kunci: Stasiun KA Cepu, Standar Pelayanan Minimum, Importance
Performance Analysis (IPA).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Informatika > Teknik Sipil |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:26 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4231 |