EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA CYNEMA THERAPHY UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS XI SMA N 1 GROBOGAN

PUTRIANI, WULAN (2023) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA CYNEMA THERAPHY UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS XI SMA N 1 GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of WULAN PUTRIANI 19110094.pdf] Text
WULAN PUTRIANI 19110094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Cinema Theraphy Untuk Meningkatkan Self Efficacy siswa Kelas XI-3 SMA Negeri 1 Grobogan ini dilatar belakangi oleh rendahnya Self Efficacy pada siswa, yang akan menghambat aktualisasi dalam kehidupanya. Akibatnya, siswa tidak bisa mencapai tujuan di masa depan. Self Efficacy ini akan mudah berubah dan sangat dipengaruhi oleh perkembangan yang sedang dilaluinya terutama bagi para remaja. Permasalahan yanag diangkat dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingana kelompok dengan media Cinema Theraphy berpengaruh terhadap keyakinan diri siwa kelas XI SMA N 1 Grobogan Tahun Pelajaran 2023/2024? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahaui seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan media Cinema Theraphy untuk meninggkatkan Self Efficacy siswa SMA Negeri 1 Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
quasi-experimental yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitan ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Grobogan dengan jumlah 354 siswa. Kelas XI-4 adalah kelas yang dipergunakan untuk tryout. Sedangkan untuk sampelnya diambil sebanyak 12 siswa yang memiliki Self Efficacy yang rendah. Sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Alata pengumulan data yang di pergunakan adalah skala Self Efficacy siswa. Analisis yang digunakan untuk mengguji validitas instrument adalah adalah korelasi antara butir dan skor yang dikerjakan dengan korelasi Product Moment sedangkan untuk menguji reliabilitas adalah rumus Cronbach Alpha. Dan hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji t dengan taraf signifikan
5%. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa hasil mean/rata-rata kelompok eksperimen sebesar 93,42 lebih besar dengan mean kelompok kontrol sebesar 53,42. Dilihat dari hasil perhitungan analisis paired sampe t-test untuk
membuktikan hipotesis penelitian, nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Jika nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 maka terdapat perbedaan dari hasil pre-test dan post test. Artinya terdapat pengaruh media Cinema Theraphy terhadap Self Efficacy siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Grobogan. maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan media Cinema Theraphy efektif untuk meningkatkan Self Efficacy siswa kelas XI SMA Negeri 1 Grobogan, yang memiliki perbedaan yang signifikan, dilihat dari hasil perhitungan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah memanfaatkan kegiatan dengan berbagai layanan dan metode yang ada dalam
bimbingan dan konseling menggunakan media yang menarik untuk membantu siswa menuntaskan tugas perkembangannya secara optimal. Bagi siswa dapat meningkatkan Self Efficacy.
Kata Kunci: layanan bimbingan kempok, cinema theraphy, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:35
Last Modified: 05 Jan 2024 06:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item
View Item