NASRULLOH, SHIFA QORIB (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ESD PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILLS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SHIFA QORIB NASRULLOH.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan Berpikir Kritis dan Kesadaran yang Berkelanjutan merupakan
keterampilan yang dibutuhkan di abad 21 ini dan perlu adanya
pengembangan perangkat pembelajaran sesuai untuk meningkatkan kedua
keterampilan siswa ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji karakteristik,
validitas, kepraktisan, dan efektivitas perangkat pembelajaran perubahan
lingkungan berorientasi ESD dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Research and
Development (R&D_ dengan model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahap
utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop
(pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) yang mengembangkan
perangkat pembelajaran berorientasi ESD. Subjek penelitian ini berjumlah
36 siswa di kelas X dengan analisis data berupa data kevalidan dan
kepraktisan perangkat pembelajaran, angket Kesadaran yang Berkelanjutan,
soal Berpikir Kritis dan wawancara. Hasil karakteristik perangkat
pembelajaran perubahan lingkungan berorientasi ESD dalam kurikulum
merdeka dikembangkan dengan hasil validitas ahli mendapat kategori yang
valid dengan mencapai hasil yaitu 84,03%. Hasil kepraktisan perangkat
pembelajaran berorientasi ESD yang dikembangkan memperoleh skor 91,68%
atau berkategori sangat valid dan praktis untuk digunakan. Keefektifan dari hasil
Sustaiability Awereness Siswa menunjukkan terjadinya kenaikan pada tingkat
Kesadaran Praktek Berkelanjutan dengan hasil Pre-Test berkategori rendah
menjadi berkategori medium pada hasil Post-Test, serta hasil persentase masuk
pada kategori Kebiasaan yang sudah dilakukan/sedang terjadi pada tingkat
sedang. Pada hasil analisis Kesadaran Sikap dan Kebiasaan serta Kesadaran
Emosional, keduanya sama-sama terjadi kenaikan dengan kategori tingkat tinggi
dan persentase yang masuk pada kategori Kebiasaan yang sering/selalu
dilakukan/terjadi. Hasil keefektifan keterampilan berpikir kritis menghasilkan
nilai Pre-Test dengan kategori sedang dan berkategori sangat tinggi pada hasil
Post-Test dengan hasil N-Gain yang menghasilkan skor 0,45 atau berkategori
sedang dengan hasil uji keefektifan yaitu kurang efektif. Hasil ini membuktikan
bahwa perangkat pembelajaran berorientasi ESD ini terbukti valid, praktis dan
efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kesadaran
berkelanjutan yang dimiliki siswa. Namun, perlu adanya penyesuaian yang lebih
untuk memaksimalkan keefektifannya dalam kegiatan belajar di kelas, serta
peserta didik dapat mengambil manfaat lebih dari perangkat pembelajaran
berorientasi ESD ini.
Kata Kunci : ESD, Berpikir Kritis, Kesadaran Berkelanjutan, Perubahan
Lingkungan, Critical Thinking, Sustainability Awareness.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 07:17 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 07:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4222 |