ARIYANI, SELGI MEI (2023) HUBUNGAN KONSEP DIRI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XII SMA TEUKU UMAR SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SELGI MEI ARIYANI 19110098.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
SELGI MEI ARIYANI. NPM. 19110098, “Hubungan Konsep Diri Terhadap
Kepercayaan Diri Siswa Kelas XII SMA Teuku Umar Semarang”Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2023. Pembimbing I Dr. Arri Handayani, S.Psi.,M.Si.
Pembimbing II Agus Setiawan S.Pd.,M.Pd.
Penelitian Hubungan Konsep Diri Terhadap Kepercayaan Diri Siswa kelas
XII SMA Teuku Umar Semarang dilatarbelakangi oleh kurangnya rasa
kepercayaan diri siswa kelas XII, hal tersebut ditandai dengan hasil AKPD
(Angket Kebutuhan Peserta Didik) yang masih banyaknya siswa memilih butir
item “saya kurang memiliki rasa percaya diri” yang mendapat presentase 3,26%
pada kategori tinggi.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada
hubungan konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa kelas XII SMA Teuku
Umar Semarang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif
dengan jenis penelitian korelasi, populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak
142 siswa. Sampel penelitian ini mengambil 75% dari populasi sehingga sampel
yang digunakan sebanyak 106 orang siswa yang ditentukan dengan teknik
sampling jenuh.
Berdasrakan uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai r hitung
sebesar 0,467 sedangkan r table untuk jumlah sampel 106 adalah 0,160. Oleh
karena itu 0,467 > 0,160 maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan
antara konsep diri dengan kepercayaan diri siswa kelas XII SMA Teuku Umar
Semarang.
Hubungan tersebut menunjukan kearah positif, diarenakan nilai r hitung
yang diperoleh pada penelitian tersebut bertanda positif. Hubungan positif
memiliki arti bahwa jika konsep diri tinggi maka kepercayaan diri tinggi,
begitupula sebaliknya jika konsep diri rendah maka kepercayaan diri rendah.
Kata Kunci : Konsep Diri, Kepercayaan Diri
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 06:33 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 06:33 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/422 |