ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE POLYA PADA SOAL CERITA KELAS VI SDN BEJIREJO

KHALIMAH, NURUL (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE POLYA PADA SOAL CERITA KELAS VI SDN BEJIREJO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Nurul Khalimah 20120365.pdf] Text
Nurul Khalimah 20120365.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

NURUL KHALIMAH. NPM 20120365. “Analisis Kemampuan Penalaran dalam
Memecahkan Masalah Matematika dengan Metode Polya pada Soal Cerita Kelas
VI SDN Bejirejo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2024. Dosen Pembimbing I Dr. Joko
Sulianto, S.Pd., M.Pd, dan Dosen Pembimbing II Eka Sari Setianingsih,
S.Pd.,M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya penalaran
dalam suatu kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kemampuan penalaran dalam
memecahkan masalah matematika untuk mengukur kemampuan siswa dalam
memahami, menentukan strategi dan menyelesaikan permasalahan matematika.
Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan penalaran siswa
dalam memecahkan masalah matematika dengan metode polya pada soal cerita
siswa kelas VI SDN Bejirejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan
kemampuan penalaran siswa dalam memecahkan masalah matematika kelas VI
SDN Bejirejo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di SDN Bejirejo. Pengumpulan
data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, angket, dan soal tes
kemampuan penalaran dalam memecahkan masalah matematika siswa dengan
berbagai aspek penalaran. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik
dan sumber.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
kegiatan Pembelajaran termasuk kategori sangat baik dengan persentase 79,46% .
Sedangkan data klasifikasi penalaran matematis siswa yang ditinjau dengan sepuluh
aspek penalaran menunjukan bahwa memahami pengertian 83,91%(sangat tinggi),
Berpikir logis 80,87% (sangat tinggi), Memahami contoh negatif 78,70% (tinggi),
Berpikir deduksi 72,61% (tinggi), Berpikir sistematis 70,00% ( tinggi), Berpikir
konsisten 83,91% (sangat tinggi), Menarik kesimpulan 89,57% (tinggi),
Menentukan metode 81,30% (sangat tinggi), Membuat alasan 70,87% (tinggi),
Menentukan strategi 85,22% (sangat tinggi).
Dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran dalam memecahkan
masalah matematika di SDN Bejirejo termasuk tinggi dengan rata-rata keseluruhan
aspek penalaran 79,70 % (sangat tinggi) sedangkan hasil tes menunjukkan 65,22%
(tinggi). Saran yang diberikan dalam skripsi ini adalah Bagi guru diharapkan
penelitian ini dapat menjadi referensi untuk mengetahui kemampuan penalaran
siswa dalam memecahkan masalah sehingga guru dapat membimbing dan
memperhatikan kemampuan siswa.
Kata Kunci : kemampuan penalaran, pemecahan masalah, metode polya, soal
cerita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:43
Last Modified: 09 Aug 2024 07:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4200

Actions (login required)

View Item
View Item