ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN GERAKAN LITERASI PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI NGURENREJO

HARJANTI, NURSITA MUGI (2024) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN GERAKAN LITERASI PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI NGURENREJO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Nursita Mugi Harjanti.pdf] Text
Nursita Mugi Harjanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

NURSITA MUGI HARJANTI. NPM 20120376. “Analisis Peran Guru dalam
Meningkatkan Gerakan Literasi pada Pembelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri
Ngurenrejo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2024. Dosen Pembimbing I Dr. Siti
Patonah, S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya peran
guru dan Gerakan literasi pada pembelajaran IPAS. Fokus dalam penelitian ini
adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan gerakan literasi pada
pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri Ngurenrejo?. Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan peran guru dalam
meningkatkan gerakan literasi pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri
Ngurenrejo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis
dengan mendekskripsikan peran guru dalam meningkatkan gerakan literasi pada
pembelajaran IPAS yang penulis peroleh dari observasi, wawancara guru,
wawancara peserta didik, pembagian angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini
adalah guru kelas dan peserta didik kelas IV. Lokasi penelitian dilakukan di SD
Negeri Ngurenrejo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa guru sangat penting dalam
meningkatkan gerakan literasi khususnya pada mata pelajaran IPAS. Guru
menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif. Guru
memberikan motivasi agar peserta didik semangat membaca. Guru mendampingi
peserta didik selama kegiatan literasi dan mengalami kesulitan membaca atau
memahami materi.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
sekolah dapat dijadikan evaluasi dalam meningkatkan sarana prasarana untuk
pelaksanaan gerakan literasi di sekolah. Guru diharapkan dapat menumbuhkan
semangat peserta didik dalam melaksanakan kegiatan gerakan literasi di sekolah.
Peserta didik diharapkan menumbuhkan motivasi dalam diri peserta didik untuk
aktif belajar dalam meningkatkan literasi dari berbagai sumber informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:34
Last Modified: 09 Aug 2024 07:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4197

Actions (login required)

View Item
View Item