Srijanji, Srijanji (2024) PENGEMBANGAN MICROSITE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SUPERVISI AKADEMIK PADA GURU PAUD KECAMATAN UNGARAN BARAT. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Tesis_Srijanji_22510009-.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Janji, Sri. 2024. Pengembangan Microsite Untuk Meningkatkan Kualitas Supervisi
Akademik Pada Guru PAUD Kecamatan Ungaran Barat. Tesis. Program Studi
Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Dr. Widya Kusumaningsih, M.Pd., dan Pembimbing II Dr. Rosalina BR. Ginting,
M.Si.
Supervisi akademik secara manual dirasa belum maksimal dalam
memberikan bantuan dan pembinaan, karena tidak di lengkapi dengan materi
pendukung sebagai sumber belajar maupun contoh praktek baik yang bisa dijadikan
rujukan untuk perbaikan pembelajaran. Para guru masih merasa kesulitan dalam
melakukan tindak lanjut pasca supervisi akademik. Maka penulis mengembangkan
microsite untuk meningkatkan kualitas supervisi akademik yang lebih baik.
Harapan dari pengembangan microsite ini agar para kepala sekolah memiliki alat
bantu dalam melaksanakan supervisi akademik dan dapat memfasilitasi para guru
untuk belajar dari materi-materi yang tersedia, contoh-contoh video praktek baik,
instrumen supervisi dan refleksi sebagai sumber belajar para guru.
Metode penelitian ini adalah Research and Development, model yang
digunakan Borg and Gall yang telah di modifikasi oleh Sugiyono. Teknik
pengumpulan data dengan cara wawancara, angket dan observasi. Uji keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber. Tahap pengembangan melibatkan ahli dan
praktisi yang disempurnakan dengan teknik delphi. Tahap validitas dilakukan
dengan angket ujicoba lapangan, analisis efektifitas yang digunakan adalah uji
homogenitas dan dilanjutkan dengan uji t, untuk mengetahui efektifitas
pengembangan microsite.
Hasil penelitian dalam pelaksanaan uji efektifitas yang dilakukan di Gugus
PAUD Murai Kecamatan Ungaran Barat dengan melibatkan 30 guru dan kepala
sekolah diperoleh hasil 95,79%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
produk pengembangan supervisi akademik untuk meningkatkan kualitas supervisi
akademik pada guru PAUD di Kecamatan Ungaran Barat dalam kualifikasi sangat
baik. Produk berupa platform online aplikasi SMIP (Supervisi Microsite Pintar).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) pengembangan microsite untuk
meningkatkan kualitas supervisi akademik melalui beberapa tahapan diantaranya:
a) Studi pendahuluan dengan analisis kebutuhan melalui wawancara, observasi dan
hasil angket kebutuhan, pengumpulan data, b) Tahap pengembangan dengan
penyusunan draf desain berdasarkan hasil faktual supervisi akademik. c) Validasi
Ahli, d) FGD dan perbaikan berdasarkan validasi ahli, e) Ujicoba terbatas, f) Revisi
hasil ujicoba terbatas, g) Tahap Validitas dengan Ujicoba lapangan dan finshing
produk. 2) produk pengembangan microsite divalidasi dengan tingkat efektitifas
sangat baik, maka produk ini layak digunakan.
Saran dari penelitian ini diharapkan semua pemangku kepentingan
memberikan dukungan baik dalam bentuk pelatihan penggunaan produk
pengembangan microsite serta merekomendasikan agar dapat dimanfaatkan
sebagai referensi digitalisasi sekolah sehingga supervisi akademik lebih efektif.
Kata Kunci: Digitalisasi Sekolah, Efektifitas Supervisi, Kualitas Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 07:44 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 07:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4183 |