RAHMAWATI, PIPIT (2024) ANALISIS DAMPAK BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS V SD NEGERI LUWANG 01 KABUPATEN PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI REVISI AKHIR 0407 (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
PIPIT ANGELINA NUR RAHMAWATI. NPM 20120055. ”Analisis Dampak
Bullying terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas V SD Negeri Luwang 01
Kabupaten Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pada saat ini intitusi
pendidikan yang seharusnya dijadikan tempat belajar dan menuntut ilmu oleh
siswa agar dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya menjadi tempat
yang mengerikan bagi beberapa siswa yang menjadi korban bullying. Tidak dapat
dipungkiri bahwa perilaku bullying masih sering kali kita jumpai di insitusi
pendidikan yang pastinya memberikan dampak kepada korban bullying.
Berdasarkan fokus masalah, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
yaitu: 1) untuk mengetahui bentuk perilaku bullying pada siswa kelas V SD
Negeri Luwang 01 Kabupaten Pati. 2) untuk mengetahui faktor penyebab perilaku
bullying pada siswa kelas V SD Negeri Luwang 01 Kabupaten Pati. 3) untuk
mengetahui dampak dari perilaku bullying terhadap kepercayaan diri siswa kelas
V SD Negeri Luwang 01 Kabupaten Pati. 4) untuk mengetahui upaya guru dalam
mengatasi perilaku bullying yang terjadi di kelas V SD Negeri Luwang 01
Kabupaten Pati.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat
deskriptif. Teknik pengambilan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan
angket. Dalam hal ini, pertama peneliti melakukan observasi di dalam kelas,
kemudian melakukan wawancara kepada kepala sekolah, guru, siswa, dan orang
tua.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa bentuk perilaku bullying
yang sering terjadi di kelas V SD Negeri Luwang 01 Kabupaten Pati adalah
bullying secara non fisik seperti mengejek, mengancam, memanggil nama
temannya menggunakan nama orang tuanya. Bullying secara fisik beberapa kali
pernah dialami oleh korban seperti dipukul dan dijambak. Perilaku bullying yang
terjadi tidak memberikan dampak yang buruk terhadap kepercayaan diri siswa
korban bullying. Siswa yang menjadi korban bullying masih tetap percaya diri dan
berprestasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 06:47 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 06:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4170 |