Lutfiana, Retno (2024) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSIVE BUYING MELALUI TRUST PADA PENGGUNA SHOPEE PRODUK MOISTURIZER “SKINTIFIC” (STUDI PADA MAHASISWA FEB MANAJEMEN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Skripsi Retno_Arum_Angen_Lutfiana.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Maraknya belanja online menyebabnya terjadinya impulsive buying yaitu
pembelian tanpa direncanakan. Faktor terjadinya impulsive buying adalah online
customer review dan online customer rating melalui trust. Hal tersebut sebagai
dasar penelitian peneliti dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh online
customer review dan online customer rating terhadap keputusan impulsive buying
melalui trust pada pengguna shopee produk moisturizer “Skintific”.
Metode penelitian ini kuantitatif dengan teknik probability sampling
menggunakan random sampling melalui penyebaran kuesioner. Populasi
penelitian adalah mahasiswa Universitas PGRI Semarang Fakultas Ekonomi
Bisnis Manajemen angkatan tahun 2020-2023 berjumlah 1.387 mahasiswa,
dengan sampel 346 responden. Teknik analisis data yakni PLS-SEM (Partial
Least Square – Structural Equation Model) dengan menggunakan alat bantu
SmartPls 4.0.
Hasil penelitian menunjukkan Online Customer Review berpengaruh
terhadap Trust dengan P-Value 0,000 dan T-Statistic 29,463 serta berpengaruh
terhadap Keputusan Impulsive Buying dengan P-Value 0,045 dan T-Statistic 2,020.
Sedangkan Online Customer Rating tidak berpengaruh terhadap Trust dengan P-
Value 0,419 dan T-Statistic 0,809 serta tidak berpengaruh terhadap Keputusan
Impulsive Buying dengan P-Value 0,849 dan T-Statistic 0,190. Lalu, Trust
berpengaruh terhadap Keputusan Impulsive Buying dengan P-Value 0,002 dan T-
Statistic 3,063. Online Customer Review berpengaruh terhadap Keputusan
Impulsive Buying yang dimediasi oleh Trust dengan P-Value 0,003 dan T-
Statisctic 2,949. Sedangkan Online Customer Review tidak berpengaruh terhadap
Keputusan Impulsive Buying yang dimediasi oleh Trust dengan P-Value 0,460 dan
T-Statisctic 0,739.
Kata Kunci: online customer review, online customer rating, impulsive buying,
trust
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 06:44 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 06:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4169 |