RAMADHANI, NADIA ARSYIDA (2024) PENGEMBANGAN SBdP KIT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI RUPA PADA MATERI SENI DEKORASI MENGHIAS KELAS 4 DI SDN TAMBAK BOYO 2 KURIKULUM MERDEKA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI NADIA ARSYIDA RAMADHANI (20120330) (2).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
Abstract
NADIA ARSYIDA RAMADHANI. NPM 20120330. “Pengembangan SBdP Kit
Sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa Pada Materi Seni Dekorasi Menghias
Kelas 4 Di SDN Tambak Boyo 2 Kurikulum Merdeka”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2024. Pembimbing I Prof. Dr. A. Y . Soegeng Ysh., M. Pd. dan
Pembimbing II Rofian S. Pd., M. Pd.
Peneliti ini adalah karena sulitnya mencari media dan bahan bahan untuk
salah satu materi ajar pembelajaran seni dekorasi menghias itu sangat susah.
Pendidik belum sepenuhnya mampu menciptakan suasana belajar yang menarik
dan kondusif, peserta didik ada yang belum mampu menyelesaikan membuat
media seni dekorasi menghias sampai selesai. Media ini diharapkan dapat
membantu pendidik untuk memfokuskan pembelajaran siswa di Sekolah Dasar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan
media SBdP KIT pada mata pelajaran seni rupa materi seni dekorasi menghias di
SD Kelas IV ?, (2) Bagaimana kelayakan media SBdP KIT pada mata pelajaran
seni rupa materi seni dekorasi menghias di SD kelas IV?
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengembangan SBdP Kit
sebagai media pembelajaran yang efektif dalam mengajar materi seni dekorasi
menghias pada kelas 4 Kurikulum Merdeka.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development)
dan modifikasi dari tahapan penelitian pengembangan dengan model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data
dilakukan melalui analisis kurikulum, wawancara dengan guru, serta uji coba
terbatas SBdP Kit. Penelitian ini dilakukan di dan SD Negeri Tambak Boyo 02.
Pada Penelitian Pengembangan ini uji lapangan dilaksanakan di kelas IV SD
Negeri Tambak Boyo 02.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SBdP Kit memiliki potensi besar
sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang
seni dekorasi menghias. Pengembangan media SBdP kit dapat tervalidasi dengan
baik dan sangat layak untuk digunakan. Uji coba media juga sangat baik dan
respon siswa menunjukkan media ini mampu meningkatkan minat belajar dan
mampu mengeksplorasi kreatifitas siswa. Penelitian selanjutnya
direkomendasikan untuk memperluas cakupan penggunaan SBdP Kit dalam
konteks pembelajaran seni rupa yang lebih luas dan untuk melakukan evaluasi
jangka panjang terhadap pengaruhnya terhadap pemahaman dan prestasi siswa
dalam seni rupa. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
guru seni rupa di sekolah dasar tentang penggunaan media tersebut juga
disarankan untuk meningkatkan integrasi dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 06:37 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 06:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4168 |