PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI SDN KARANGSONO 03 MRANGGEN DEMAK

WIBOWO, ANDRIAS (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI SDN KARANGSONO 03 MRANGGEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANDRIAS WIBOWO.pdf] Text
ANDRIAS WIBOWO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANDRIAS WIBOWO. NPM 20120418. “Pengaruh Penggunaan Media
Augmented Reality Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Bagian-
Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya di SDN Karangsono 03 Mranggen Demak”.
Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang masalah yang telah disampaikan, maka identifikasi
masalah yang didapatkan yaitu beberapa siswa masih menganggap mata pelajaran
IPA sulit.
Selama pembelajaran IPA berlangsung, suasana kelas tidak kondusif. Jarang
adanya guru yang menggunakan media pembelajaran yang menarik. Serta
kurangnya minat dan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh
pemanfaatan media Augmented Reality dengan media gambar terhadap minat
belajar siswa pada materi Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya siswa kelas IV
di SDN Karangsono 03 Mranggen Demak?. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap minat
belajar siswa kelas IV pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di
SDN Karangsono 03 Mranggen Demak.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode yang dipakai
dalam penelitian ini yaitu desain eksperimen semu (Quasi Experiment Design).
Sampel yang diambil siswa kelas IV A dengan jumlah 26 siswa dan kelas IV B 27
siswa. Data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil uji independen samples t-test
diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,042 lebih kecil dari 0,05 maka Ha
diterima yang artinya terdapat pengaruh augmented reality positif dan signifikan
terhadap minat belajar siswa kelas IV pada materi bagian-bagian tumbuhan dan
fungsinya di SDN Karangsono 03 Mranggen Demak.
Kata Kunci: augmented reality, minat belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:15
Last Modified: 07 Aug 2024 02:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4164

Actions (login required)

View Item
View Item