PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SRONDOL KULON 02 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG

SUDJIATI, - (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SRONDOL KULON 02 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SUDJIATI.pdf] Text
SUDJIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sudjiati, NPM: 21510049. Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam
Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Srondol Kulon 02 Kecamatan
Banyumanik Kota Semarang. Tesis, Program Pascasarjana, Manajemen
Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Pembimbing I Dr.Muhdi ,SH.,MHum,
Pembimbing II Dr.Nurkolis,M,M
Focus penelitian ini adalah: (1) bagaimana Peran kepala sekolah sebagai
manajer dalam perencanaan Kurikulum Merdeka? (2) bagaimana Peran kepala
sekolah sebagai manajer dalam pengorganisasian Kurikulum Merdeka? (3)
bagaimana Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pelaksanaan Kurikulum
Merdeka? (4) bagaimana Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam
pengawasan Kurikulum Merdeka di SD Negeri Srondol Kulon 02 Kecamatan
Banyumanik Kota Semarang?.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
fenomenologis. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Srondol Kulon 02
Kecamatan Banyumanik Kota Semarang dimulai sejak bulan Juni 2023. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian (1) Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam
perencanaan kurikulum merdeka meliputi a) menetapkan tujuan pelaksanaan
kurikulum merdeka; b) menyusun program kurikulum merdeka; c) menyusun
anggaran pelaksanaan kurikulum merdeka; d) menyusun tim koordinator
pelaksana. (2). Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pengorganisasian
kurikulum merdeka adalah 1) mengalokasikan sumber daya; 2) merumuskan dan
menetapkan tugas; 3) menetapkan prosedur yang diperlukan; 4) menetapkan
struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan
tanggungjawab. (3) Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pelaksanaan
kurikulum merdeka seperti a) kegiatan pendampingan konsultatif dan asimetris; b)
memberikan penguatan SDM sekolah; c) kegiatan pembelajaran melalui
paradigma baru; d) perencanaan berbasis data; e) digitalisasi sekolah (4) Peran
kepala sekolah sebagai manajer dalam pengawasan kurikulum merdeka meliputi
pengawasan internal dilakukan kepala sekolah dan pengawas, kemudian
pengawasan eksternal dilakukan komite sekolah, dilihat dari teknis pengawasan
dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pengawasan langsung yang bersifat teknis
dan pengawasan tidak langsung dalam bentuk laporan. Selain itu pengawasan 1)
standar penilaian; 2) asesmen; 3) hasil penilaian berupa rapot projek; 4) tindak
lanjut dari kegiatan project.
Kesimpulan bahwa peran kepala sekolah sebagai manajer dalam
implementasi kurikulum merdeka melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan dan pengawasan, semua dilaksanakan secara berkelanjutan dan
bersama sama dengan stakeholder sekolah. Saran bahwa ke depanya kepala
sekolah lebih banyak merangkul semua pihak dalam pengambilan kebijakan.
Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:31
Last Modified: 05 Jul 2024 07:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4146

Actions (login required)

View Item
View Item