Subagyono, - (2024) KONTRIBUSI PERAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMK SE-KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Subagyono_TESIS_19510364.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Subagyono. 2024. “Kontribusi Peran Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah
terhadap Kinerja Guru SMK se-Kecamatan Bawang Kabupaten Batang”.
Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Nurkolis, M.M.,; (2) Dr. Yovitha
Yuliejantiningsih, M.Pd.
Kepala sekolah sebagai pemimpin dan manajer dalam sebuah lembaga
pendidikan belum optimal dalam mengelola faktor-faktor yang berpengaruh
dalam manajemen belajar di sekolah. Sebagian sekolah memiliki budaya sekolah
yang tidak nyaman, sehingga kurang mendukung proses pembelajaran secara
maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan dan
menganalisis kontribusi peran kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK se-
Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. (2) mendeskripsikan dan menganalisis
kontribusi budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK se-Kecamatan Bawang
Kabupaten Batang. (3) mendeskripsikan dan menganalisis kontribusi peran kepala
sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK se-Kecamatan Bawang
Kabupaten Batang, dan membuktikan kontribusi variabel yang lebih besar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK se-Kecamatan
Bawang Kabupaten Batang yang berjumlah 66 orang. Sampel sebanyak 56 orang
menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah metode kuesioner. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif, uji persyaratan, dan uji hipotesis. Untuk menganalisis data
menggunakan fasilitas program SPSS 22.0 for Microsoft Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada kontribusi positif dan
signifikan peran kepala sekolah secara parsial terhadap kinerja guru SMK se-
Kecamatan Bawang Kabupaten Batang, dengan nilai korelasi sebesar 0,761 atau
sebesar 43,98% dan p-value < 0,05. (2) ada kontribusi positif dan signifikan
budaya sekolah secara parsial terhadap kinerja guru SMK se-Kecamatan Bawang
Kabupaten Batang, dengan nilai korelasi sebesar 0,640 atau sebesar 16,92% dan
p-value < 0,05. (3) ada kontribusi positif dan signifikan peran kepala sekolah dan
budaya sekolah secara simultan terhadap kinerja guru SMK se-Kecamatan
Bawang Kabupaten Batang, dengan nilai korelasi sebsar 0,789 atau sebesar
60,90% dan p-value < 0,05.
Saran yang dapat disampaikan yaitu Kepala Sekolah sebaiknya selalu
memberikan pemahaman terhadap semua komponen sekolah agar selalu
memelihara tradisi, nilai-nilai sekolah yang menjadi ciri khas sekolah dan
menguatkan budaya sekolah positif, namun yang lebih penting adalah budaya bagi
perbaikan kualitas sekolah secara terus menerus.
Kata kunci : peran kepala sekolah, budaya sekolah, kinerja gu
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 07:25 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 07:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4145 |