PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONSEP ENERGI BERORIENTASI ESD DALAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF

WAHYUNI, SRI (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONSEP ENERGI BERORIENTASI ESD DALAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SRI WAHYUNI TESIS LENGKAP.pdf] Text
SRI WAHYUNI TESIS LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Pembelajaran konsep energi yang berorientasi pada Pendidikan untuk
Pembangunan Berkelanjutan (ESD) merupakan aspek penting dalam Kurikulum
Merdeka. Namun, perlu pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan prinsip-
prinsip ESD dan mendukung pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan
pemahaman dan keterampilan berfikir kreatif peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji karakteristik, validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan
ajar energi berorientasi ESD dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian dilakukan
dengan metode Analisys, desain, development, implementation, dan evaluation
(ADDIE) mengembangkan bahan ajar energi berorientasi ESD berdasarkan
prinsip-prinsip ESD dan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Validitas
bahan ajar dievaluasi oleh ahli materi dengan hasil 98%, ahli media dengan hasil
92%, dan praktisi dengan hasil 97%. Sedangkan kepraktisan dievaluasi melalui
observasi implementasi di kelas dengan hasil 98% dan respons peserta didik 83%.
Efektivitas bahan ajar diuji melalui analisis N-Gain dengan hasil 56% dan uji-t
terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan berfikir kreatif peserta didik.
Bahan ajar energi berorientasi ESD dalam Kurikulum Merdeka telah terbukti
valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan
berfikir kreatif peserta didik. Namun, perlu adanya penyesuaian lebih lanjut untuk
memaksimalkan efektivitasnya dan memastikan bahwa semua peserta didik dapat
mengambil manfaat maksimal dari pembelajaran ini.
Kata kunci: bahan ajar; ESD; kemampuan kognitif; berpikir kreatif;kurikulum
Merdeka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:23
Last Modified: 05 Jul 2024 07:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4144

Actions (login required)

View Item
View Item