HUBUNGAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SDN LEMPONGSARI

OKTIFIA, RESTIN (2024) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SDN LEMPONGSARI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RESTIN NEW.pdf] Text
RESTIN NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

RESTIN OKTIFIA. NPM 19120315. “Hubungan Keterampilan Berkomunikasi
Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SDN
Lempongsari”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2024. Pembimbing I Ibu
Mudzanatun, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Ibu Khusnul Fajriyah, S.Pd., M.Pd.
Keterampilan berkomunikasi peserta didik dalam pembelajaran
berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara keterampilan berkomunikasi peserta didik dalam
pembelajaran tema 6 subtema 1 dengan hasil belajar peserta didik kelas III SDN
Lempongsari.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan bentuk
One Group Pretest Posttest Design. Bertujuan untuk mengurangi hambatan dan
keterbatasan, baik itu dalam penentuan sampel dan keterbatasan waktu yang
dimiliki peneliti. Populasi yang dijadikan objek penelitian adalah peserta didik
kelas III SDN Lempongsari. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 peserta didik
dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampling jenuh. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi dengan hasil belajar
peserta didik mendapatkan t hitung 7.08 dan t tabel 2,01 (df 42) dengan nilai
signifikansi p sebesar 0,000 . Oleh karena t hitung 7.08 > ttabel 2,01, dan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05, maka hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha
diterima serta terdapat hubungan yang signifikan.
Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa hipotesis
alternatif (Ha) yang berbunyi “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara kemampuan berkomunikasi dalam pembelajaran tematik dengan hasil
belajar peserta didik kelas III SDN Lempongsari” diterima. Artinya kemampuan
berkomunikasi yang dimiliki oleh peserta didik memiliki hubungan dengan hasil
pembelajaran tematik dari peserta didik kelas III
Penelitian ini dapat memberikan beberapa saran dalam upaya meningkatkan
mutu pendidikan, antara lain disarankan kepada guru agar dapat memperhatikan
lebih lanjut bagaimana komunikasi yag dilakukan peserta didik baik kepada
temannya maupun kepada gurunya. Mempermudah dalam pencapaian kompetensi
dasar diharapkan kepada guru untuk lebih mengoptimalkan tingkat komunikasi
peserta didik sejak dini agar naninya saat sudah memasuki tingkat yang lebih tinggi
dapat lebih cepat mengembangkan komunikasi peserta didik dimana hal tersebut
dapat berpengaruh kepada berbagai macam hal seperti hasil belajar peserta didik.
Bagi peneliti yang berminat melakukan penelitian lebih lanjut, diharapkan
mencermati keterbatasan penelitian ini sehingga penelitian selanjutnya dapat
menyempurnakan hasil penelitian ini.
Kata Kunci: Keterampilan komunikasi, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:20
Last Modified: 05 Jul 2024 07:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4143

Actions (login required)

View Item
View Item