PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA MATERI UNGGAH-UNGGUH PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS 9 SMP NEGERI 2 GEMUH KENDAL

INDRIANA, MELINDA SISCHA (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA MATERI UNGGAH-UNGGUH PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS 9 SMP NEGERI 2 GEMUH KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MELINDA SISCHA INDRIANA.pdf] Text
MELINDA SISCHA INDRIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Melinda Sischa Indriana “Penerapan Metode Pembelajaran Bermain
Peran Pada Materi Unggah-Ungguh Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 9
Smp Negeri 2 Gemuh Kendal”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan
Seni. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Yuli Kurniati W, S.S.,
M.A., Pembimbing II Bambang Sulanjari, S.S., M.A., 2023.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Bermain Peran, unggah-ungguh basa
Jawa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan
metode pembelajaran bermain peran pada materi unggah-ungguh
pembelajaran bahasa Jawa pada kelas 9 SMP N 2 Gemuh pada tahun ajaran
2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan
siswa kelas 9 dalam berunggah-ungguh serta penggunaan metode
pembelajaran yang kurang sesuai sehingga pembelajaran menjadi
membosankan dan siswa terkesan kurang aktif. Berhubungan dengan
masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu
bagaimana penerapan dan hasil dari penerapan metode pembelajaran
bermain peran pada materi unggah-ungguh pembelajaran bahasa Jawa kelas
9 SMP N 2 Gemuh.
Desain pada penelitian ini adalah one-shoot case study dengan hanya
menggunakan satu kelas tanpa kelompok kontrol atau perbandingan. Tehnik
analisis data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu kuantitatif deskriptif.
Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi serta memalui
wawancara yang dilakukan bersama guru mapel bahasa Jawa dalan salah
satu siswa. Sedangkan tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan tehnik tes dan nontes.
Adapun hasil penelitian ini diperoleh setelah dilakukan analisis data
sebagai berikut: hasil penelitian menjelaskan bahwa pada aspek
pengetahuan terdapat 23 peserta didik atau 77% memperoleh nilai dalam
predikat baik sedangkan 7 peserta didik atau 23% memperoleh predikat
cukup dengan nilai rata-rata kelas 77,29. Pada aspek keterampilan terdapat
21 atau 70% peserta didik mendapatkan nilai dengan predikat baik dan 9
x
atau 30% peserta didik mendapatkan nilai dengan predikat cukup dengan
nilai rata-rata kelas 80,5. Dengan demikian penerapan metode bermain
peran pada materi unggah-ungguh pembelajaran bahasa Jawa kelas 9 SMP
N 2 Gemuh dapat memberikan pengaruh terhadap ketercapaian
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:07
Last Modified: 05 Jul 2024 07:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4138

Actions (login required)

View Item
View Item