WARKUTA, MARIUS (2024) POLA INTERAKSI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII SMPN 31 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Marius Warkuta 19410109-3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Manusia adalah makhluk individu dan makhluk sosial. Sehingga
manusiatidak bisa lepas dari individu yang lain. Secara kodrati, manusia akan
selalu hidup bersama yang akan berlangsung dalam berbagai bentuk komunikasi
dan situasi yang disebut interaksi. Dengan demikian, kegiatan hidup manusia akan
selalu bersama dengan proses interaksi atau komunikasi, baik interaksi dengan
alam lingkungan, interaksi dengan sesama individu, maupun interaksi antara guru
dengan murid, baik itu disengaja maupun tidak disengaja (Sardiman, 2004).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan karena penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan pola interaksi dalam pembelajaran secara apa
adanya. Peneliti merupakan instrument kunci dari teknik pengumpulan data secara
gabungan, analisis data bersifat kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih
menekankan makna daripada kesimpulan umum dari suatu kejadian.
Hasil data yang sesuai dengan tujuan penelitian yaitu berupa pola interaksi
satu arah, pola interaksi dua arah, dan pola interaksi multi arah yang digunakan
dalam pembelajaran menulis puisi. Masing-masing data tersebut diperoleh hasil
yaitu (1) pola interaksi satu arah sebanyak (5 data), (2) pola interaksi dua arah
sebanyak (6 data), dan (3) pola interaksi multi arah sebanyak (3 data).
Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pola interaksi satu
arah dan pola interaksi dua arah merupakan pola interaksi yang paling banyak
digunakan antara pengajar dan siswa kelas VIII pada pembelajaran membuat
tulisan teks deskripsi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 06:51 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 06:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4135 |