UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 58 SEMARANG

MURGIATI, ANI (2024) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 58 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Ani Murgiati.pdf] Text
Ani Murgiati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANI MURGIATI, NPM 21156001, “Upaya Meningkatkan Kecerdasan
Kinestetik Melalui Pembelajaran Seni Tari Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 58
Semarang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas PGRI Semarang 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya tingkat
kecerdasan kinestetik siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Semarang. Hal
tersebut disebabkan kurangnya stimulus kecerdasan kinestetik masih terbatas
bermain bola, kejar-kejaran, naik-turun tangga, perosotan, ayunan dan lain-lain,
anak belum mampu gerakan lokomotor dan non lokomotor, kegiatan permainan
fisik motorik kurang menarik sehingga mengakibatkan anak cepat bosan,
kurangnya gerakan fisik motorik yang beragam mengakibatkan anak tidak
antusias ketika guru memberikan contoh gerakan kepada anak, fasilitas untuk
meningkatkan kecerdasan kinestetik, waktu untuk aktifitas kegiatan pembelajaran
fisik motorik masih kurang.
Penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan anak TK Aisyiyah Bustanul
Athfal 58. Metode yang digunakan dalam penelitian kua kualitatif tindakan kelas.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 Nopember 2023 sampai 29 Nopember
2023. Subjek penelitian adalah anak Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 58 yang
berjumlah 10 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.
Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2
siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan 2)
melakukan tindakan 3) mengadakan pengamatan 4) merefleksi hasil pengamatan
tindakan, tiap siklus dilaksanakan 3 pertemuan. Data yang telah dikumpulkan
dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 58
menunjukkan bahwa kegiatan menari sangat membantu meningkatkan kecerdasan
anak usia dini. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya anak yang mempunyai
kemampuan motorik dalam setiap kali pertemuan dalam siklus I maupun siklus II.
Pada awal tindakan terdapat 4 anak atau 40% memiliki penilaian peningkatan
kecerdasan kinestetik berkembang sesuai harapan, sedangkan akhir tindakan 8
anak atau 80% yang mengalami peningkatan kecerdasan kinestetik berkembang
sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulan bahwa melalui pembelajaran seni tari dapat meningkatkan kecerdasan
kinestetik anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Semarng.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, saran .yang dapat disampaikan
adalah supaya guru dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan memberikan
motivasi kepada anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:27
Last Modified: 03 Jul 2024 06:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item
View Item