UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE BERMAIN KELOMPOK (USIA 4 – 5 TAHUN) DI POS PAUD CERIA KELURAHAN SAMBIREJO KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG

MURYAN, MURYAN (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE BERMAIN KELOMPOK (USIA 4 – 5 TAHUN) DI POS PAUD CERIA KELURAHAN SAMBIREJO KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Muryani_21156020.pdf] Text
Muryani_21156020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

MURYANI. NPM 21156020. “Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak dengan
Metode Bermain Kelompok (Usia 4 – 5 Tahun) di Pos Paud Ceria Kelurahan
Sambirejo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
kemandirian anak. Hal tersebut disebabkan dengan ketergantungan pada orangtua,
keinginan anak untuk selalu ditunggui orangtua, ketidakrelaan orangtua untuk
meninggalkan kelas, serta masih kurangnya kepercayaan siswa kepada gurunya
menjadikan siswa kurang mandiri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode bermain dapat
meningkatkan kemandirian anak?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian
ini adalah secara umum untuk meningkatkan kemandirian anak dan secara khusus
untuk meningkatkan kemandirian anak melalui metode bermain kelompok anak
usia 4 sampai 5 tahun.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus yaitu dengan bermain balok, subyek penelitian kemandirian,
kelompok kelas B yang berusia 4 – 5 tahun Pos Paud Ceria uang berjumlah 15
anak. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model siklus, yang dimulai
dengan pengamatan pra siklus, kemudian dilaksanakan dengan tindakan perbaikan
pada siklus 1 dan siklus 2,masing – masing siklus dilaksanakan tiga kali
pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat
rencana tindakan, 2) melaksanakan tindakan, 3) mengadakan pengamatan, 4)
refleksi, hasil refleksi menjadi masukan pada perencanaan untuk siklus
berikutnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ketuntasan mengalami grafik
peningkatan setiap pertemuannya, dimana dapat diketahui bahwa hasil akhir
prasiklus sebanyak 0 anak atau 0 % dengan kategori Baik, siklus satu mencapai
20% dengan kategori Baik, siklus dua yang dapat mencapai kategori Baik
mencapai 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang
peneliti sampaikan dalam penelitian ini, yaitu bahwa dengan Kegiatan Bermain
Balok dapat Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di Pos Paud Ceria,
Sambirejo Semarang. Tahun 2023. Saran yang dapat peneliti sampaikan
hendaknya guru dapat menggunakan kegiatan bermain balok yang dapat
meningkatkan kemandirian anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:25
Last Modified: 28 Jun 2024 03:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item
View Item