PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA

PURWATININGSIH, DWI (2024) PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS_DWI PURWATININGSIH_21510130.pdf] Text
TESIS_DWI PURWATININGSIH_21510130.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

DWI PURWATININGSIH. 2024. Pengaruh Peran Kepala Sekolah,
Motivasi Kerja, Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar
Negeri Di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Semarang: Pascasarjana
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I: Dr. Endang Wuyandini, M.Pd.
Pembimbing II: Dr. Yovitha Yuliejantiningsih, M.Pd.
Latar belakang masalah penelitian ini berkaitan dengan kinerja guru SD di
Kecamatan Todanan yaitu adanya sebagian guru kurang maksimal dalam
pengelolaan pembelajaran. Masalah peran kepala sekolah adalah sebagian kepala
sekolah belum maksimal dalam menggerakkan, mempengaruhi, memotivasi serta
mengarahkan warga sekolah dalam mencapai tujuan sekolah. Ditemukan pula
sebagian guru kurang dalam motivasi kerja untuk melakukan suatu pekerjaan
guna mencapai tujuan. Selain itu iklim organisasi sebagian sekolah belum
berpengaruh kuat terhadap lingkungan sekolah yang aman dan tertib dan kegiatan-
kegiatan yang terpusat pada siswa. Berdasarkan penjelasan di atas, maka
dilaksanakan penelitian analisis pengaruh peran kepala sekolah, motivasi kerja,
dan iklim organisasi terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Todanan
Kabupaten Blora.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh peran
kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja
guru, (3) pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja guru, dan (4) pengaruh peran
kepala sekolah, motivasi kerja dan iklim organisasi secara simultan terhadap kinerja
guru
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Peran
kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Hal ini
berdasar hasil Uji t positif, terbukti hasil t1 hitung 3,981 < t tabel 1,972; (2)
Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Hal ini
berdasar hasil Uji T positif, terbukti hasil t2 hitung 4,406 > t tabel 1,972; (3) Peran
iklim organisasi sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru.
Hal ini berdasar hasil Uji T positif, terbukti hasil t3 hitung -4,473 > t tabel 1,972,
(4) Pengaruh peran kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Hal ini berdasar hasil Uji
F positif, terbukti nilai F hitung > F tabel (11,500 > 2,65).
Saran yang diajukan peneliti adalah: Bagi kepala sekolah, agar
meningkatkan perannya sebagai supervisor dan administrator untuk kemajuan
sekolah.
Kata kunci: peran kepala sekolah, motivasi kerja, iklim organisasi, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:12
Last Modified: 25 Jun 2024 03:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item
View Item