Fatchurochman, Fatchurochman (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN EFEKTIF KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN BATANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TESIS_ FATCHUROCHMAN_19510244.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Fatchurochman, NPM: 19510244. Pengaruh Kepemimpinan Efektif Kepala
Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Batang. Tesis,
Program Pascasarjana, Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang,
Pembimbing I Dr. Nurkolis, M.M, Pembimbing II Dr. Ngasbun Egar, M.Pd.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) adakah pengaruh
kepemimpinan efektif kepala sekolah terhadap kompetensi guru Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten
Batang; 2) adakah pengaruh budaya sekolah terhadap kompetensi guru Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten
Batang; 3) adakah pengaruh kepemimpinan efektif kepala sekolah dan budaya
sekolah secara bersama-sama terhadap kompetensi guru Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Batang.
Pendekatan penelitian adalah ekspost fakto dengan model asosiatif
menggunakan analisis regresi ganda. Penelitian dilaksanakan di SD N di
Kabupaten Batang yang berjumlah 446 Sekolah. Populasi adalah guru PJOK SD
Negeri di Kabupaten Batang 446 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan
Proporsional Random Sampling dan besar sampel dihitung menggunakan rumus
slovin sebanyak 211 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner. Teknik analisis data uji validitas, reabilitas, normalitas,
heterokedastisitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian 1) kepemimpinan efektif kepala sekolah memiliki
kontribusi pengaruh sebesar 42,5% terhadap kompetensi guru PJOK di Sekolah
Dasar Negeri Kabupaten Batang, sedangkan sisanya sebesar 57,5% dipengaruhi
oleh variabel lain, 2) budaya sekolah memiliki kontribusi pengaruh sebesar 51,3%
terhadap kompetensi guru PJOK di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Batang,
sedangkan sisanya sebesar 48,7% dipengaruhi oleh variabel lain, 3)
kepemimpinan efektif kepala sekolah dan budaya sekolah secara bersama-sama
memiliki kontribusi pengaruh sebesar 59,1% terhadap kompetensi guru PJOK di
Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Batang, sedangkan sisanya sebesar 40,9%
dipengaruhi oleh variabel lain.
Kesimpulan bahwa ada pengaruh kepemimpinan efektif kepala sekolah
dan budaya sekolah terhadap kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Batang. Saran pada
penelitian ini agar kepemimpinan efektif kepala sekolah secara bersama-sama
dengan budaya sekolah dapat menjadi instrumen dalam meningkatkan kinerja
guru secara berkelanjutan.
Kata Kunci : Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah, Budaya Sekolah,
Kompetensi Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 03:10 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 03:10 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4091 |