ADHI BESTARI, Tri (2024) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDK SMA DI KABUPATEN BATANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TESIS TRI ADHI BESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tri Adhi Bestari 2024, “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik SMA Di
Kabupaten Batang.” Tesis Pembimbing 1) Dr. Ghufron Abdulah, M.Pd, 2)
Dr. Nurkolis, MM
Pendidikan karakter merupakan proses yang berkelanjutan dan tak pernah
berakhir, Pendidikan karakter menekankan pada keteladanan, penciptaan
lingkungan, dan pembiasaan melalui berbagai tugas keilmuan dan kegiatan.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen
penguatan dan pengembangan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Subah
Kabupaten Batang. Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila
dalam mengembangkan karakter peserta didik SMA Negeri 1 Subah sangat
terkait dengan manajemen sekolah. Manajemen penguatan dan
pengembangan pendidikan karakter peserta didik meliputi: (1) Tahap
perencanaan penguatan dan pengembangan pendidikan karakter; (2) Tahap
pengorganisasian penguatan dan pengembangan pendidikan karakter; (3)
Tahap pelaksanaan penguatan dan pengembangan pendidikan karakter; (4)
dan Tahap pengawasan penguatan dan pengembangan pendidikan karakter.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
terkumpul dari teknik tersebut di analisis dengan menggunakan reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi melalui beberapa informan yaitu:
kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, koordinator fasilitator
P5 dan peserta didik kelas X. Sedangkan untuk menguji keabsahan data
melalui uji kredibilitas dengan menggunakan pengamatan dan
pengelompokan data dari berbagai sumber, transferbilitas, triangulasi (
sumber dan teknik ), kepastian dan diskusi. Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penguatan dan pengembangan
pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Subah dilaksanakan pada empat
kegiatan utama yaitu: kegiatan pembelajaran, kegiatan Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila ( P5), kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan
pembiasaan dengan hasil menyatakan bahwa peserta didik dapat
menjalankan perannya sebagai warga negara yang baik dengan cara tetap
berperan aktif dalam penguatan dan pengembangan karakter yang
diwujudkan dengan pembiasaan dalam semua aspek kegiatan yang ada di
sekolah dan untuk peningkatan kompetensi pada peran guru dan pembina
maka diperlukan pelatihan kompetensi secara berjenjang.
Kata Kunci Implementasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,
Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 03:07 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 03:07 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4090 |