LESTARI, HENI WIJI (2024) UPAYA MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERGOTONG ROYONG MELALUI METODE PROYEK PADA KELOMPOK B5 TKIT AL MADINAH NOGOSARI BOYOLALI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
HENI WIJI LESTARI.pdf
Download (1MB)
Abstract
HENI WIJI LESTARI. NPM 21156106. “Upaya Mengoptimalkan Kemampuan
Bergotong Royong Melalui Metode Proyek Pada Kelompok B5 TKIT Al Madinah
Nogosari Boyolali”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini Fakultas ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan bergotong-royong pada siswa kelas B5 TKIT Al Madinah Nogosari.
Hal ini dikarenakan kurangnya ragam kegiatan main berbentuk proyek yang dapat
menstimulasi anak dalam menerapkan komponen kemampuan bergotong-royong
seperti: kerja sama, komunikasi, koordinasi social, sikap peduli dan mau berbagi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan
analisis deskriptif dengan pendekatan kualitataif. Penelitian ini dilakukan di kelas
B5 TKIT Al Madinah Nogosari, yang siswanyaa berjumlah 16 anak. Adapun
teknik pengumpulan data yang digunakan dalam observasi penelitian ini yaitu
menggunakan tehnik observasi ,tehnik wawancara dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, display data dan
terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Nilai
keberhasilan pada kondisi awal pra siklus ada dua anak (12,5%) dengan kategori
BB (belum berkembang), delapan anak (50%) dengan kategori MB (mulai
berkembang), empat anak (25%) dengan kategori BSH (berkembang sesuai
harapan) dan dua anak (12,5%) dengan kategori BSB (berkembang sangat baik).
Dan pada siklus I ada nol anak (0%) dengan kategori BB (belum berkembang),
dua anak (12,5%) dengan kategori MB (mulai berkembang), delapan anak (50%)
dengan kategori BSH (berkembang sesuai harapan) dan enam anak (37,5%)
dengan kategori BSB (berkembang sangat baik). Adapun data perolehan siklus 2
ada nol anak (0%) dengan kategori BB (belum berkembang), satu anak (6,25%)
dengan kategori MB (mulai berkembang), dua anak (12,5%) dengan kategori BSH
(berkembang sesuai harapan) dan 13 anak (81,25%) dengan kategori BSB
(berkembang sangat baik). Target ketercapaian nilai keberhasilan pada penelitian
ini yaitu sebesar 76% dan pada pelaksanaannya sudah mampu melampaui target
tersebut yaitu pada siklus II yang mencapai nilai 80% lebih. Kesimpulannya
bahwa model pembelajaran proyek dapat mengoptimalkan kemampuan
bergotong-royong siswa.
Berdasarkan hasil peneletian ini saran yang dapat disampaikan adalah
model pembelajaran proyek dapat digunakan sebagai salah satu alternative bagi
guru dalam menyusun pembelajaran yang menstimulasi kemampuan bergotong-
royong siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 07:36 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 07:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4086 |