IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL DI SDN KARANGGEDONG TEMANGGUNG

-, ROHYANI (2024) IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL DI SDN KARANGGEDONG TEMANGGUNG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ROHYANI.pdf] Text
ROHYANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rohyani. 2024. Implementasi Penguatan Profile Pelajar Pancasila
Dimensi Berkebhinekaan Global di SDN Karanggedong Temanggung. Tesis.
Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Dr. Endang Wuryandini, M.Pd dan Pembimbing II Dr.
Rasiman, M.Pd
Karakter merupakan aspek utama dalam membentuk kualitas seseorang
untuk dapat menjadi insan yang mulia. Pendidikan karakter di sekolah mengacu
pada delapan belas nilai-nilai karakter yang dianggap penting untuk dipahami
dan dihayati oleh siswa. Pendidikan karakter tidak dimulai di sekolah tetapi
harus ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari anak sejak dini salah satunya
karakter kemandiriaan.
Fokus dari penelitian yaitu 1) mendeskripsikan dan menganalisis
perencanaan implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dimensi
berkebhinekaan global 2) mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan
implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dimensi berkebhinekaan
global, 3) mendeskripsikan dan menganalisis pengawasan implementasi
Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN KaranggedongTemanggung.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini
merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui 1) tahap pra
lapangan atau orientasi, 2) tahap pekerjaan lapangan atau eksplorasi fokus, 3)
analisis data. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan
dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik
simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan implementasi
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan oleh kepala sekolah meliputi
,identifikasi sumber daya, penetapan tujuan,menentukan waktu ,
pengorganisasian 2)Pelaksanaan Implementasi Penguatan Profil Pelajar
Pancasila meliputi pelaksanaan program, sarana dan prasarana, 3) Pengawasan
Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan oleh kepala sekolah
meliputi membuat instrumen penilaian, evaluasi kegiatan pelaksanaan, dan
tindak lanjut.
Penulis menyarankan agar kepala sekolah dan guru sebagaimana bertindak
sebagai pelaku utama pada kegiatan ini senantiasa harus berkolaborasi mulai
dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.
Kata Kunci: Implementasi Profile Pelajar Pancasila, Karakter
Berkebhinekaan Global

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:18
Last Modified: 24 Jun 2024 07:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4081

Actions (login required)

View Item
View Item