PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD NEGERI 1 GANDULAN

ROCHAYATI, PANGGIH ASTUTI (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD NEGERI 1 GANDULAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of PANGGIH ASTUTI ROCHAYATI.pdf] Text
PANGGIH ASTUTI ROCHAYATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rochayati, Panggih Astuti. 2024. Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor
Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri 1
Gandulan. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program
Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Endang
Wuryandini, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Rasiman, M.Pd.
Kepala sekolah memiliki peran strategis dalam mendayagunakan sekolah.
Kepala sekolah dituntut memiliki kemampuan untuk melakukan supervisi dalam
kegiatan pembelajaran di sekolah, agar dapat meningkatkan kompetensi
pedagogik guru. Fokus dari penelitian yaitu 1) mendeskripsikan dan
menganalisis perencanaan kepala sekolah sebagai supervisor dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru, 2) mendeskripsikan dan menganalisis
pelaksanaan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan
kompetensi pedagogik guru. 3) mendeskripsikan dan menganalisis tindak lanjut
kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik
gurudi SD Negeri 1 Gandulan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian
ini merupakan studi kasus. Langkah-langkah penelitian kualitatif melalui
kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan
menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Teknik
pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dengan tiga langkah:
reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran kepala sekolah sebagai
supervisor dalam perencanaan dilakukan dengan prosedur perencanaan meliputi
merumuskan tujuan, menentukan instrument, menentukan jadwal supervisi,
menentukan pendekatan supervisi, menentukan teknik supervisi dan melakukan
sosialisasi supervisi. 2) peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam
pelaksanaan dilakukan oleh kepala sekolah meliputi menelaah pelaksanaan
pembelajaran dan pelaksanaan supervisi. 3) peran kepala sekolah sebagai
supervisor dalam tindak lanjut dilakukan oleh kepala sekolah meliputi evaluasi
pelaksanaan supervisi, analiasis hasil supervisi dan tindak lanjut supervisi.
Kesimpulan penelitian ini adalah peran kepala sekolah sebagai supervisor
dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru telah dilakukan melalui
langkah-langkah atau prosedur yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu, perencanaan,
pelaksanaan, dan tindak lanjut supervisi.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Peran Kepala Sekolah, Kepala Sekolah
Sebagai Supervisor

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:17
Last Modified: 24 Jun 2024 07:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4080

Actions (login required)

View Item
View Item