KHAKIMAH, FRIKA FATEKHATUL (2024) KEEFEKTIFAN MEDIA KALKULATOR KARDUS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DENGAN TEKNIK MENYIMPAN SISWA KELAS II SDN PROYONANGGAN 05 BATANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
FRIKA FATEKHATUL KHAKIMAH.pdf
Download (4MB)
Abstract
RIKA FATEKHATUL KHAKIMAH. NPM 19120317. “Keefektifan Media
Kalkulator Kardus Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Penjumlahan Dengan
Teknik Menyimpan Siswa Kelas II SDN Proyonanggan 05 Batang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023
Latar belakang yang mendorong adanya penelitian ini adalah rendahnya
nilai siswa terhadap konsep penjumlahan dengan teknik menyimpan. Kemudian
dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah (teacher center).
Dan kurangnya penggunaan media pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah keefektifan media
kalkulator kardus terhadap hasil belajar pada materi penjumlahan dengan teknik
menyimpan siswa kelas II SD Negeri Proyonanggan 05 Batang? Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah keefektifan
media kalkularor kardus terhadap hasil belajar pada materi penjumlahan dengan
teknik menyimpan pada siswa kelas II SD Negeri Proyonanggan 05 Batang.
Jenis Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini
menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk yang
berupa One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas II SDN Proyonanggan 05 Batang. Sampel yang diambil adalah siswa
kelas II SDN Proyonanggan 05 Batang dengan jumlah 26 siswa. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui Tes, Angket, Wawancara, dan Observasi.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran kalkulator
kardus sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar materi penjumlahan
dengan teknik menyimpan pada siswa kelas II SD Negeri Proyonanggan 05
Batang. Pada pretest hasil rata-rata kelas lebih rendah dengan nilai rata-rata
(66,73) dibandingkan dengan posttest lebih tinggi dengan nilai rata-rata (90,96).
Hasil analisis data tingkat ketuntasan antara nilai posttest dengan media
pembelajaran kalkulator kardus 100% dengan jumlah siswa 26 dengan nilai
terendahh 75 dan nilai tertinggi 100. Sedangkan pada nilai pretest tingkat
ketuntasan 79% dan yang belum tuntas 21% dengan nilai tertinggi 95 dan nilai
terendah 45.
Kesimpulannya pada saat prettest masih menggunakan pembelajaran yang
konvensional sedangkan pada saat posttest sudah diberi perlakuan yaitu dengan
menggunakan media kalkulator kardus sehingga hasil belajar siswa meningkat
signifikan. Saran diharapkan guru dapat mencoba menggunakan media kalkulator
kardus untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan hasil
belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 06:50 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 06:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4072 |