PENGARUH MEDIA LOOSEPARTS TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF ANAK USIA 5-6 TAHUN

PRATIWI, DIAN (2024) PENGARUH MEDIA LOOSEPARTS TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DIAN PRATIWI 19150023_PENGARUH MEDIA LOOSEPARTS TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF ANAK U.pdf] Text
DIAN PRATIWI 19150023_PENGARUH MEDIA LOOSEPARTS TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF ANAK U.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dian Pratiwi 19150023.”Pengaruh Media Looseparts Terhadap Kemampuan
Berfikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
2024.
Latar belakang penelitian ini yaitu, anak belum bisa mengekspresikan
kemampuan berfikir kreatifnya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, penyebabnya
anak hanya terpacu pada kegiatan menggunting, menggambar dan mewarnai sehingga
anak belum bisa mengeksplor bahan dan media kegiatan main, kurang inisiatif dan
sangat bergantung pada instruksi guru dikarenakan anak takut melakukan kesalahan.
Anak belum mampu menunjukkan jawaban yang variatif ketika diberi pertanyaan,
belum mampu bertanya dan menjawab secara spontan terlihat saat guru menjelaskan
mengenai tema anak tidak begitu reponsif. Anak belum mampu membuat suatu karya
dengan idenya sendiri dan terbiasa bekerja dengan meniru contoh dari guru. Tujuan
yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah menumbuhkan kemampuan berfikir
kreatif pada anak usia dini 5-6 tahun.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan di dalam
terdapat penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen itu sendiri merupakan
metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan atau treatment.
Penelitian ini dilakukan pada anak usia 5-6 tahun, di TK I Pertiwi kecamatan Semarang
Selatan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian data akhir terkait dengan kemampuan berfikir kreatif anak di
kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan rata-rata 57,2 sedangkan di kelas
kontrol diperoleh rata-rata 45. Dan kedua data tersebut diperoleh dengan diberikan
perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen anak diberikan perlakuan atau
treatment menggunakan media Looseparts yang dapat menumbuhkan kemampuan
berfikir kreatif anak. Maka setalah data akhir di kelas eksperimen di hitung diperoleh
t hitung = 9,140 hasil tersebut kemudia dikonsultasikan dengan t tabel = 1,699 dari tabel
distribusi t, sedangkan dk = (n1+n2-2), dk= (15+15-2), jadi dk= 28 dan taraf signifikan
0,05 diperoleh t tabel = 1,699, artinya t hitung > t tabel Maka H o ditolak.
Dari hasil penelitian diatas dapat disumpulkan bahwa H o ditolak karena t hitung
(9,140) > t tabel (1,699) sehingga dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan media
Looseparts terhadap kemampuan berfikir kreatif anak usia 5-6 tahun di TK I Pertiwi
Kecamatan Semarang Selatan. Dari penelitian yang telah dilakukan anak-anak mampu
mengembangkan kemampuan berfikir kreatifnya, dengan aktif bertanya dan
menjawab, anak mampu merespon dengan spontan, memberikan jawaban yang tidak
biasa, mampu membuat hasil karya ciptaanya, mampu menilai hasil karya miliknya
sendiri dan hasil karya milik temannya, mampu menyelesaikan kegiatan main tepat
waktu, mampu mengeksplor kegiatan main, mampu menentukan pendapatnya sendiri
dan anak dapat menghasilkan banyak ide.
Berdasarkam penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model
pembelajaran dengan menggunakan media Looseparts dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:43
Last Modified: 24 Jun 2024 06:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4064

Actions (login required)

View Item
View Item