Ulya, Mu'allifatul (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 SEMARANG MELALUI E-LKPD BERBASIS REAL PROBLEM. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Skripsi-Mu'allifatul Ulya-20210021.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan problem solving siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Rendahnya kemampuan tersebut disebabkan karena sistem pembeajaran masih konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan kemampuan problem solving siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VII SMP Negeri 10 Semarang melalui e-LKPD berbasis real problem. Dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan problem solving siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VII SMP Negeri 10 Semarang melalui e-LKPD berbasis real problem.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan bentuk Pretest- Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Semarang, dengan sampel siswa kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest dan posttest, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan klasikal dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal siswa kelas eksperimen dan kontrol sebelum diberikan perlakuan masih rendah, yaitu dengan nilai 3,13% dan 3,23%. Sedangkan setelah diberikan perlakuan e-LKPD berbasis real problem persentase ketuntasan klasikal kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan, yakni dengan nilai 87,50% dan 22,58%. Sedangkan berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat peningkatan
kemampuan problem solving siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VII SMP Negeri 10 Semarang melalui e-LKPD berbasis real problem. Saran yang dapat diberikan yaitu dalam proses pembelajaran guru harus lebih sering menggunakan teknologi dan mengangkat permasalahan nyata sebagai bahan pembelajaran.
Kata Kunci: E-LKPD, Pendidikan Pancasila, Problem Solving, Real Problem
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 04:25 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 04:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4059 |