MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 4- 5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN DENGAN METODE PROYEK DI PAUD ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2023 / 2024

Ni'mah, Ainun (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 4- 5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN DENGAN METODE PROYEK DI PAUD ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2023 / 2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI-Ainun;21156085.pdf] Text
SKRIPSI-Ainun;21156085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa pada masa pasca pandemi banyak yang mengalami masalah kerjasama, banyak diantara siswa - siswi yang belum mampu bekerjasama saat bermain. Masalah dalam penelitian ini tentang meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 4-5 tahun
melalui kegiatan bermain dengan metode proyek di PAUD Islam Hidayatullah Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 4-5 Tahun melalui kegiatan bermain dengan metode proyek di PAUD Islam Hidayatullah Semarang tahun ajaran 2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 15 siswa usia 4-5Tahun di PAUD Islam Hidayatullah Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan kerjasama siswa pada siklus I siswa yang sudah muncul mencapai presentase 27% yaitu 4 siswa yang sudah muncul siklus II naik mencapai 80% yaitu 12 siswa. Upaya meningkatkan kemampuan kerjasama saat bermain di sentra dengan metode proyek mengalami peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan kerjasama saat bermain di sentra dengan metode proyek berdasar 7
indikator perilaku kerjasama anak usia 4-5 tahun bahwa melalui metode proyek dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak kelompok TK A PAUD Islam Hidayatullah Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya dalam upaya meningkatkan kemampuan kerjasama saat bermain di sentra pada siswa kelompok TK A PAUD Islam Hidayatullah melalui dengan metode proyek lebih optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:03
Last Modified: 21 Jun 2024 04:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4055

Actions (login required)

View Item
View Item