Anggriani, Vivi (2024) PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN PEMBAGIAN SEBAGAI PENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS IV B SDN BATURSARI 7 DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI_VIVI ANGGRIANI_19120048.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah yaitu bagaimana desain pembelajaran pembagian yang mendukung kemampuan literasi numerasi peserta didik, bagaimana respon peserta didik terhadap desain pembelajaran pembagian yang mendukung kemampuan literasi numerasi peserta didik, bagaimana kemampuan literasi numerasi peserta didik setelah belajar menggunakan desain pembelajaran yang telah dirancang. Selain rumusan masalah terdapat juga tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan desain pembelajaran pembagian sebagai pendukung kemampuan literasi numerasi peserta didik, mendeskripsikan respon peserta didik terhadap desain pembelajaran pembagian yang mendukung kemampuan literasi numerasi peserta didik, dan mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi peserta didik setelah belajar menggunakan desain pembelajaran yang telah dirancang.
Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik mengalami kesulitan memahami dan menyelesaikan pertanyaan soal cerita, kemampuan operasi hitung pembagian peserta didik masih rendah, beberapa peserta didik asik berbicara sendiri dan tidak fokus saat pembelajaran, perlu peningkatan dalam kemampuan literasi numerasi peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa pedoman observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV B SDN Batursari 7 Demak tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan desain pembelajaran pembagian sebagai pendukung kemampuan literasi numerasi dalam pembelajaran cukup efektif dan dapat diterima peserta didik. Antusias dan
senang respon peserta didik dalam proses kegiatan pembelajaran. Kemampuan literasi numerasi peserta didik meningkat seiring pertemuan kegiatan pembelajaran, dari awal yang beberapa peserta didik belum mampu hingga mampu dan sangat mampu seiring pertemuan kegiatan pembelajaran. Dapat
disimpulkan penerapan desain pembelajaran yang ditawarkan dapat mendukung kemampuan literasi numerasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 03:14 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 03:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4050 |