PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN CUACA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BERBASIS CANVA PENDIDIKAN.

KRISTIARI, SHINTIA PUTRI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN CUACA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BERBASIS CANVA PENDIDIKAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SHINTIA PUTRI KRISTIARI.pdf] Text
SHINTIA PUTRI KRISTIARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif
menggunakan aplikasi Canva Pendidikan pada pembelajaran IPA Tematik
materi perubahan cuaca di kelas 3 sekolah dasar. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development)
dengan mengacu pada 9 langkah yang dikembangkan oleh model Dick and
Carey. Adapun subjek di dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang
berjumlah 19 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket validasi
untuk para ahli (materi, media, bahasa, dan guru), lembar studi pendahuluan
untuk siswa, lembar studi akhir untuk siswa, angket respon guru dan angket
respon siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
kuesioner, dan dokumentasi. Dari hasil akumulasi penilaian yang dilakukan
oleh guru kelas, Besarnya persentase ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran video interaktif berbasis Canva Pendidikan pada materi
perubahan cuaca termasuk ke dalam kategori “Sangat Baik” atau “Sangat
Layak” untuk digunakan sebagai media di dalam proses pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:23
Last Modified: 20 Jun 2024 07:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4040

Actions (login required)

View Item
View Item