NURUNNADJAH, SITTI (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA ANAK USIA 4 - 5 TAHUN DI PAUD SEKAR NAGARI UNNES KECAMATAN GUNUNG PATI KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SITTI NURUNNADJAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
SITTI NURUNNADJAH,NPM 21156043 “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Usia 4 - 5 Tahun Di
Paud Sekar Nagari Unnes Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang” Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Ibu Dr. Muniroh
Munawar, S.Pi,.M.Pd,. Dosen Pembimbing II Ibu Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd,
M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan siswa
dalam memecahkan masalah masih rendah, hal ini ditunjukkana dengan adanya
kecenderungan untuk meminta bantuan orang lain terutama orang tua dan orang
dewasa yang ada disekitarnya dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Setelah
diamati hal ini terjadi karena metode pembelajaran yang dilaksanakan kurang
menyenangkan, membosankan serta monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah
memberikan alterntif metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah anak usia 4-5 tahun melaui metode sosiodrama
terutama di PAUD Sekar Nagari UNNES Kecamatan Gunung Pati Kota
Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 18 siswa usia 4-5 tahun di PAUD Sekar Nagari UNNES Kecamatan
Gunung Pati Kota Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Dari hasil akhir dengan
menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan
pemecahan masalah siswa pada siklus I siswa yang sudah muncul mencapai
presentase 27,78% yaitu 5 siswa yang sudah muncul siklus II naik mencapai
83,33% yaitu 15 siswa. Upaya meningkatkan kemampuan dalam memecahkan
masalah dengan metode sosiodrama mengalami peningkatan yang signifikan.
Indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal. Kesimpulannya bahwa
metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Anak
Usia 4-5 tahun di PAUD Sekar Nagari UNNES Kecamatan Gunung Pati Kota
Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah supaya
metode sosiodrama dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam
mengajar agar kemampuan pemecahan masalah Anak Usia 4-5 tahun di PAUD
Sekar Nagari UNNES Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang dapat ditingkatkan
menjadi lebih optimal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 18 siswa usia 4-5 tahun di PAUD Sekar Nagari UNNES Kecamatan
Gunung Pati Kota Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Dari hasil akhir dengan
menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan
pemecahan masalah siswa pada siklus I siswa yang sudah muncul mencapai
presentase 27,78% yaitu 5 siswa yang sudah muncul siklus II naik mencapai
83,33% yaitu 15 siswa. Upaya meningkatkan kemampuan dalam memecahkan
viii
masalah dengan metode sosiodrama mengalami peningkatan yang signifikan.
Indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal. Kesimpulannya bahwa
metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Anak
Usia 4-5 tahun di PAUD Sekar Nagari UNNES Kecamatan Gunung Pati Kota
Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 06:36 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 06:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4034 |