UPAYA MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI BERMAIN BONEKA TANGAN DI TK PGRI BATANG

Khamimah, Nur (2024) UPAYA MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI BERMAIN BONEKA TANGAN DI TK PGRI BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi_NUR KHAMIMAH_21156018.pdf] Text
Skripsi_NUR KHAMIMAH_21156018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

NUR KHAMIMAH. NPM 21156018.”Upaya Meningkatkan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Bermain Boneka Tangan Di TK PGRI Batang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu anak kesulitan dalam mengungkapkan bahasa ekspresif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Bahasa ekspresif anak melalui media boneka tangan pada anak kelompok A1 di TK PGRI Batang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 15 anak yang terdiri dari 4 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah Bahasa ekspresif pada anak melalui bermain boneka tangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kemampuan bahasa ekspresif anak mengalami peningkatan dari prasiklus 0%, ke siklus 1 40% dan kenaikan pada siklus 2 mencapai 80%. Dan skor rata-rata yang didapatkan juga meningkat setelah melakukan kegiatan bermain boneka tangan. Skor rata-rata yang didapatkan juga mengalami peningkatan setelah melakukan kegiatan bermain boneka tangan. Skor rata-rata awal 0%,siklus 1 29% dan pada siklus 2 62%.
Kata kunci : Bahasa ekspresif, bermain boneka tangan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:31
Last Modified: 14 Jun 2024 07:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4012

Actions (login required)

View Item
View Item