PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CELPINSIPMA (CELEMEK PINTAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA) UNTUK SISWA KELAS V SDN 2 PENGKOLREJO

NURPIANA, LUPI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CELPINSIPMA (CELEMEK PINTAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA) UNTUK SISWA KELAS V SDN 2 PENGKOLREJO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_LUPI NURPIANA_20120301.pdf] Text
SKRIPSI_LUPI NURPIANA_20120301.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya motivasi dan semangat belajar siswa kelas V SDN 2 Pengkolrejo pada Pelajaran IPAS Khususnya BAB Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh khususnya materi Sistem Pencernaan karena keterbatasan media pembelajaran/ alat peraga, oleh karena itu guru dan siswa membutuhkan media yang menarik, kreatif, dan inovatif salah satunya dengan Pengembangan Media Pembelajaran CELPINSIPMA (Celemek Pintar Sistem Pencernaan Manusia) untuk Kelas V SDN 2 Pengkolrejo.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini diantaranya yaitu : 1)Bagaimana pengembangan media pembelajaran CELPINSIPMA (Celemek Pintar Sistem Pencernaan Manusia) yang valid untuk siswa kelas V SDN 2 Pengkolrejo?, 2)Bagaimana kepraktisan terhadap media CELPINSIPMA (Celemek Pintar Sistem Pencernaan Manusia) yang didasarkan oleh respon siswa kelas V SDN 2 Pengkolrejo? Penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan Borg And Gall, metode yang digunakan dengan pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian ahli validasi media pembelajaran, ahli validasi materi pembelajaran, dan angket respon siswa.
Penelitian dilakukan pada siswa Kelas V SDN 2 Pengkolrejo.
Hasil penelitian diperoleh dari validasi media dan materi, hasil dari ketiga ahli media menunjukkan rata-rata nilai ahli validasi ahli media persentasenya 86% dengan kategori “Sangat Layak”, dan nilai validasi dari ahli materi mendapatkan persentase 92% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil analisis dari angket respon siswa kelas V didapatkan persentase 94,75% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media CELPINSIPMA (Celemek Pintar Sistem Pencernaan Manusia) yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak Digunakan” untuk digunakan di kelas V.
Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan untuk pengembangan selanjutnya, mampu menciptakan media dengan jumlah yang lebih banyak agar siswa mampu menggunakan media dengan lebih intens dan memperluas materi sistem pencernaan
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, CELPINSIPMA, Sistem
Pencernaan Manusia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:03
Last Modified: 14 Jun 2024 07:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4007

Actions (login required)

View Item
View Item