ANALISIS KESULITAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VA SD NEGERI JRAGUNG 1 KABUPATEN DEMAK

Ismawadah, Ismawadah (2024) ANALISIS KESULITAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VA SD NEGERI JRAGUNG 1 KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_Ismawadah_19120021.pdf] Text
SKRIPSI_Ismawadah_19120021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis kesulitan menulis karangan deskripsi pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VA SD Negeri Jragung Kabupaten Demak. Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan
yang dialami siswa dalam menulis karangan deskripsi yang baik dan benar.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai kriteria penilaian yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
pendekatan deskriptif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Miles and Huberman dalam Sugiyono dengan analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Pengumpulan
data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian kesulitan siswa kelas VA SD Negeri Jragung
I Kabupaten Demak dalam menulis karangan deskripsi dengan topik teman sebangku. Kesulitan yang dialami siswa dalam menulis karangan deskripsi pada kriteria isi gagasan, pilihan kata atau diksi, penggunaan ejaan, dan kerapian tulisan. pada isi gagasan diperoleh persentase 48,75% dengan kategori kurang baik, pilihan kata/ diksi sebesar 70% dengan kategori cukup, penggunaan ejaan sebesar 55% dengan kategori kurang baik, dan kerapian tulisan sebesar 66,25% dengan kategori cukup. Penyebab kesulitan menulis karangan deskripsi siswa adalah 1) kurangnya pengetahuan tentang penulisan yang benar, 2) kurangnya minat dan motivasi dalam menulis karangan, 3) kurang lancar mengeluarkan ide-ide menggunakan Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:50
Last Modified: 14 Jun 2024 06:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4005

Actions (login required)

View Item
View Item