UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK BUDI LESTARI KALITENGAH KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

RISTIANA, - (2024) UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK BUDI LESTARI KALITENGAH KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RISTIANA.pdf] Text
RISTIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RISTIANA. NPM 21156074. Judul skripsi “Upaya meningkatkan rasa percaya
diri anak melalui metode bermain peran di TK Budi Lestari Kalitengah
Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Dosen pembimbing I: Dr. Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd.. Dosen
pembimbing II: Dwi Prasetiyawati, D.H., S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rasa percaya diri anak di
TK Budi Lestari Kalitengah Kec. Mranggen Kab. Demak yang masih rendah.hal
itu ditunjukkan dengan perilaku anak yang masih malu-malu dan tidak berani
menunjukkan potensi yang dimilikinya didepan teman dan guru. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah bagaimana Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri anak melalui
metode bermain peran di TK Budi Lestari Kalitengah Kecamatan Mranggen
Kabupaten Demak.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal selama 2 bulan yang dimulai
bulan Oktober sampai dengan November 2023 yang bertempat di TK Budi
Lestari Kalitengah Kec. Mranggen Kab. Demak. Subjek penelitian ini sebanyak
16 anak yang terdiri atas 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Prosedur
penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data yang
terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu berupa
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil akhir dengan
menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan rasa percaya diri anak
pada kondisi awal (pra siklus) pencapaian rasa percaya diri anak hanya sebesar
15% anak dengan kriteria mulai berkembang(MB) selebihnya belum berkembang
(BB) kemudian pada siklus I meningkat dengan hasil sebesar 54% dengan kriteria
berkembang sesuai harapan (BSH) dan siklus II ada peningkatan yang signifikan
menjadi 85% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB) Indicator kerja
tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rasa percaya diri
anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
guru lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan dan mengoptimalkan
pembelajaran yang bersifat aktif seperti penggunaan metode bermain peran pada
kegiatan belajar dan bermain, untuk meningkatkan rasa percaya diri anak.
Kata kunci : Meningkatkan rasa percaya diri anak melalui metode bermain
peran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:23
Last Modified: 13 Jun 2024 08:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4003

Actions (login required)

View Item
View Item