NADIA, FARAH (2023) KEMAMPUAN MENULIS TEKS DEKSRIPSI PAKAIAN ADAT JAWA SISWA KELAS XII SMA MASEHI 1 PSAK TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
FARAH NADIA 17430019.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Farah Nadia “Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pakaian Adta Jawa
Siswa Kelas XII SMA Masehi 1 PSAK Tahun Ajaran 2023/2024”. Skripsi.
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Dr. Sunarya S.S, M.Hum. pembibing II Alfiah, S.Pd, M.Pd. 2023.
Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Deskripsi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendah kemampuan siswa kelas
XII SMA Masehi 1 PSAK dalam menulis teks deskriptif. Salah satunya dalam
pemilihan kosa kata dan penggunaan kaidah kebahasaan yang baik. Rumusan
masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis teks deskriptif
pakaian adat Jawa pada siswa kelas XII SMA Masehi 1 PSAK. Tujuan dari
penelitian mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskriptif pakaian adat Jawa
pada siswa kelas XII SMA Masehi 1 PSAK tahun ajaran 2023-2024. Metode
penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan teknik test.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
kemampuan menulis teks deskriptif tentang pakaian adat Jawa kelas XII MIPA
SMA Masehi 1 PSAK tahun ajaran 2023-2024 dapat dikatakan cukup mampu.
Kemampuan menulis tertulis teks deskriptif pakaian adat Jawa kelas XII MIPA
SMA Masehi 1 PSAK tahun ajaran 2023-2024 hasil nilai yang diperoleh dari tes
aspek pengetahuan dan tes aspek keterampilan dalam penelitian mendeskripsikan
bahwa dari 15 peserta didik terdapat 11 peserta didik yang tuntas dan 4 peserta
didik yang belum tuntas. Nilai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah adalah
70. Peserta didik yang telah mencapai KKM terdapat 11 peserta didik dengan
presentase 73% sedangkan 27% peserta didik belum mencapai KKM. Namun
masih terdapat beberapa siswa yang belum sepenuhnya mampu memahami
kesesuain isi, masih terdapat kesulitan siswa dalam pemilihan kata atau diksi serta
penggunaan ejaan masih terdapat kesalahan sesuai dalam pembahasan yang
dilakukan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 03:19 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 03:19 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/40 |