ANALISIS LITERASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TIPE SHARED READING PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN SENDANGGUWO 02 SEMARANG

KASIYANTI, - (2024) ANALISIS LITERASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TIPE SHARED READING PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN SENDANGGUWO 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of KASIYANTI.pdf] Text
KASIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

KASIYANTI. NPM 19120061. “Analisis Literasi Menggunakan Pendekatan
Whole Language Tipe Shared Reading pada Peserta Didik Kelas I SDN
Sendangguwo 02 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah terdapat peserta didik
kelas I yang masih kesulitan dalam kegiatan membaca. Hal ini disebabkan kegiatan
membaca belum ditanamkan oleh orang tua sejak dini dan kurangnya sarana
prasarana sekolah yang kurang memadai serta kualitas yang masih minim.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan literasi pada
peserta didik menggunakan pendekatan whole language tipe shared reading di
kelas I SDN Sendangguwo 02 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kemampuan literasi peserta didik menggunakan pendekatan whole
language tipe shared reading di kelas I SDN Sendangguwo 02 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Sendangguwo 02 Semarang menggunakan
8 sampel peserta didik untuk diwawancara. Dalam penelitian ini data diperoleh
melalui observasi, wawancara, dan angket.
Hasil analisis penelitian dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia
sudah menggunakan pendekatan whole language tipe shared reading. Peserta didik
antusias dalam kegiatan menyimak, membaca bersama-sama dengan nyaring, dan
antusias untuk maju ke depan menuliskan di papan tulis nama-nama hewan yang
ada di buku bacaan tanpa ditunjuk oleh guru. Kegiatan literasi baca tulis tahap
pembelajaran membuat peserta didik mampu memahami isi buku bacaan.
Disimpulkan bahwa melalui literasi menggunakan pendekatan whole language tipe
shared reading membuat kegiatan pembelajaran lebih aktif, interaktif, kompak dan
menyenangkan. Dengan kegiatan literasi menggunakan pendekatan whole
language tipe shared reading dapat membangun interaksi antara guru dengan
peserta didik pada kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
kegiatan literasi tahap pembelajaran menggunakan pendekatan whole language tipe
shared reading di kelas I SDN Sendangguwo 02 Semarang meningkat dari segi
kualitas membaca menjadi lebih lancar dan menulis menjadi lebih cepat sehingga
kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Kata Kunci: Literasi, Whole Language, Shared Reading

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:40
Last Modified: 13 Jun 2024 06:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3986

Actions (login required)

View Item
View Item