MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING KELOMPOK A TK SIWI PENI DESA DELES KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG

KRISTANTI, EMILDA EVA (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING KELOMPOK A TK SIWI PENI DESA DELES KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_EMILDA EVA KRISTANTI_NPM 21156047.pdf] Text
SKRIPSI_EMILDA EVA KRISTANTI_NPM 21156047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MILDA EVA KRISTANTI. NPM 21156047. “ Meningkatkan Kemampuan
Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Kelompok A TK Siwi Peni Desa Deles Kecamatan Bawang Kabupaten Batang ” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik halus anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Anak belum bisa memegang pensil dengan benar.(2) Anak belum terampil dalam kegiatan menggunting.(3) Anak masih kesulitan dalam kegiatan melipat kertas. (4) Beberapa anak masih kesulitan dalam kegiatan meronce. (5) Kegiatan finger painting belum menggunakan media yang memadai. (6) Keterbatasan ide dalam melakukan kegiatan finger painting. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan finger painting kelompok A TK Siwi Peni Desa Deles Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) membuat perencanaan, (2) melakukan tindakan,( 3) mengadakan pengamatan terhadap tindakan, (4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan kemampuan motorik halus anak meningkat. Hal ini didukung oleh adanya prosentase kemampuan motorik halus anak pada kondisi awal 0% kemudian pada siklus I prosentase meningkat lagi menjadi 60% dan pada siklus
II prosentase meningkat lagi menjadi 87% dan mencapai indikator yang ditentukan.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya kegiatan finger painting dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:56
Last Modified: 13 Jun 2024 03:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item
View Item