KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTU MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS SD NEGERI KROMPAKAN

ULFIYANA, SALSA ULWIYAH (2024) KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTU MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS SD NEGERI KROMPAKAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_20120057_SALSA ULWIYAH ULFIYANA.pdf] Text
SKRIPSI_20120057_SALSA ULWIYAH ULFIYANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah model Think Talk Write (TTW) berbantu media Pop-Up Book efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPAS SD Negeri Krompakan? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui keefektifan model Think Talk Write (TTW) berbantu media Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPAS SD Negeri Krompakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre Eksperimental Designs jenis One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Krompakan. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan angket.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada peningkatan antara pembelajaran sebelum diberi perlakukan dengan pembelajaran sesudah diberi perlakuan. Dapat dilihat dari hasil rata-rata pretest
yaitu 56 dan rata-rata posttest yaitu 81. Ketuntasan belajar klasikal yaitu sebesar 84,3% dengan 27 siswa tuntas. Hal tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan
dalam penelitian ini yaitu ≥ 75%. Diperkuat dengan hasil uji t, diperoleh t hitung
sebesar 13,277 sedangkan t tabel sebesar 2,039 db = N-1 = 32-1 = 31, dan taraf
signifikan sebesar 5%. Karena t hitung > t tabel yaitu 13,277 > 2,039 maka H 0 ditolak
dan H a diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Write (TTW)
berbantu media Pop-Up Book efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata
pelajaran IPAS SD Negeri Krompakan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model Think Talk Write (TTW) berbantu media Pop-Up Book dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:17
Last Modified: 13 Jun 2024 03:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3971

Actions (login required)

View Item
View Item