PREHATININGSIH, WAHYU (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALAP KARUNG PADA KELOMPOK B DI TK PERINTIS GILIREJO KECAMATAN WONOSAMODRO KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI WAHYU P..pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Perintis Gilirejo masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari masih rendahnya kemampuan anak dalam melakukan gerakan meniru senam, melompat, beridiri dengan satu kaki, dan kurangnya koordinasi tangan dan kaki. Gerakan – gerakan tersebut dapat dikembangkan melalui permainan balap karung karena dalam pelaksanaannya melatih kematangan dalam koordinasi seluruh anggota tubuh, sehingga dengan berbagai gerakan motorik kasar yang dicapai akan berguna bagi kehidupannya kelak.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan bermain balap karung pada anak kelompok B TK Perintis Gilirejo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas
rangkaian empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus secara berulang
yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah 10 anak kelompok B TK Perintis Gilirejo, yang terdiri 6 anak laki-laki dan
4 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan dengan analisis deskriptif yang bersifat kuantitatif dan dilakukan dalam 2 siklus.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak yang ditunjukkan adanya peningkatan pada siklus 1 sebanyak 50% dan pada siklus 2 menjadi 90%. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain balap karung dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B TK Perintis Gilirejo, Kecamatan Wonosamodro, Kabupaten Boyolali.
Penelitian ini diharapkan mampu melengkapi penelitian-penelitian mengenai upaya meningkatkan kemampuan berpikir anak usia dini melalui kegiatan bermain balap karung dan menjadikan masukan bermanfaat bagi penulis
selaku guru, sekolah, orang tua dalam memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 02:48 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 02:48 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3965 |