Fajrin, Yaasmin Violita Tiara (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN PANCING ANGKA KELOMPOK B TK ABA DESA WONOKERTO, BANDAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI VIOLITA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan konsep bilangan anak masih terdapat masalah. Anak belum mampu menyampaikan pemikirannya,
mengungkapkan perasaannya, serta kemampuan menjawab pertanyaan masih rendah. Dari 25 peserta didik hanya 5 yang bisa menyampaikan pemikirannya 1
anak masih malu-malu dan 14 anak masih diam.
Dengan demikian, rumusan masalah yang diambil peneliti “Bagaimanakah metode bermain dengan pancingan angka dapat meningkatkan kemampuan konsep bialangan di kelompok B di TK Aba Wonokerto?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak di kelompok B TK
Aba wonokerto melalui metode bermain dengan pancingan angka.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri atas
rangkaian empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus berulang yaitu:
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aba Wonokerto yang terdiri dari 10 anak laki laki dan 15 anak perempuan. Penelitian ini diperoleh dengan Teknik analisis deskriptif yang bersifat kualitatif.
Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan konsep bilangan anak melalui pancingan angka, peningkatan tersebut yaitu siklus 1 mecapai 40%, pada siklus 2 mencapai 80% kesimpulan dari penelitian ini melalui bermain pancingan angka dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak kelompok B di TK Aba Wonokerto.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa saran bagi
guru, pertama hendaknya lebih kreatif dan aktif dalam menarik minat anak untuk
mengikuti kegiatan pembelajaran,selanjutnya bagi sekolah sebaiknya menyediakan prasarana dan sarana sesuai kebutuhan serta bagi orang tua
hendaknya memahami kebutuhan anak dengan segala kekurangan dan kelebihannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 02:45 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 02:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3964 |