ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS RENDAH SDN KARANGTEMPEL

Kultsum, Umi (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS RENDAH SDN KARANGTEMPEL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi Umi (2) (2)-dikompresi.pdf] Text
Skripsi Umi (2) (2)-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan literasi
anak berkebutuhan khusus di sekolah SDN Karangtempel masih tergolong rendah
dalam hal membaca dan menulis dibanding dengan siswa pada umumnya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan literasi anak
berkebutuhan khusus?, 2) Bagaimana kemampuan literasi pada anak berkebutuhan
khusus di kelas rendah SDN Karangtempel?. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi anak berkebutuhan
khusus, dan untuk mengetahui kemampuan literasi pada anak berkebutuhan
khusus di kelas rendah SDN Karangtempel.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam
penelitian adalah anak berkebutuhan khusus di kelas rendah SDN Karangtempel
tahun pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari
wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan data dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa
kemampuan literasi anak berkebutuhan khusus masih rendah karena kurangnya
pemahaman yang diberikan baik dari orang tua sendiri maupun dari tenaga
pendidik, bahwa bentuk-bentuk literasi anak berkebutuhan khusus di kelas rendah
SDN Karangtempel belum terdapat tiga bentuk kemampuan yaitu, 1) Membaca,
2) Menulis, dan 3) Mengarsipkan dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus
maupun peserta didik
Saran yang dapat peneliti sampaikan bahwa tenaga pendidik SDN
Kararangtempel hendaknya lebih banyak solusi utuk meningkatkan literasi pada
anak berkebutuhan khusus, orangtua harus sadar bahwa anak tersebut memiliki
kebutuhan yang lebih daripada anak seusianya agar segera diberi penanganan
yang tepat.
Kata kunci : Kemampuan Literasi, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:32
Last Modified: 13 Jun 2024 02:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3963

Actions (login required)

View Item
View Item