PENERAPAN MEDIA ALOGSAWA (ANDROID DIALOG BAHASA JAWA) PADA PEMBELAJARAN TEKS DIALOG SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 1 TODANAN TAHUN AJARAN 2023-2024

KURNIANINGRUM, APRILIA (2024) PENERAPAN MEDIA ALOGSAWA (ANDROID DIALOG BAHASA JAWA) PADA PEMBELAJARAN TEKS DIALOG SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 1 TODANAN TAHUN AJARAN 2023-2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Aprilia Kurnianingrum_19430025.pdf] Text
Aprilia Kurnianingrum_19430025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil Penerapan Media
ALOGSAWA (Android Dialog bahasa Jawa) pada Pembelajaran Teks Dialog
Kelas 8 SMP Negeri 1 Todanan Tahun Ajaran 2023-2024. Latar belakang
penelitian ini yaitu kurangnya minat siswa dalam pembelajaran menulis teks
dialog pada siswa kelas VIII. Kesulitan yang dialami oleh peserta didik antara
lain, pada pemilihan aspek pemahaman ejaan dan tanda baca, kelengkapan isi
(unsur-unsur dialog), dan struktur pawarta masih belum dipahami oleh peserta
didik sehingga masih terdapat keliruan dalam penerapannya. Selain itu, media
pembelajaran yang belum bervariasi menjadi salah satu faktor penyebab
kurangnya antusias peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan demikian,
rumusan masalah yang diperoleh adalah bagaimana hasil penerapan media
ALOGGSAWA dalam pembelajaran menulis teks dialog.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian ekkperimen dengan pendekatan
yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian
ini dikumpulkan dengan cara observasi (pengamatan) dan kuesioner (angket),
sedangkan pengambilan sample yang digunakan yaitu purposive sampling.
Setelah dilakukan analisi data, diperoleh hasil penelitian ini sebagai berikut:
Pada aspek pengetahuan, terdapat 25 siswa atau 78,1% memperoleh nilai
di atas KKM, sedangkan 7 siswa atau 21,9% belum mencapai ketuntasan KKM.
Dari presentase tersebut, Ketuntasan nilai yang diperoleh sebesar 76,2. 2) Pada
aspek keterampilan, terdapat 27 siswa atau 84,4% memperoleh nilai di atas KKM,
sedangkan 5 siswa atau 15,6% belum mencapai ketuntasan KKM. Dari
prresentase tersebut, ketuntasan nilai yang diperoleh sebesar 84,75. Dengan
demikian penerapan media ALOGSAWA dalam pembelajatan menulis teks dialog
siswa kelas VIII dapat memberikan pengaruh terhadap ketercapaian tujuan
pembelajaran yang ditentukan.

Kata Kunci: media ALOGSSAWA, menulis, dialog

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:36
Last Modified: 12 Jun 2024 07:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3950

Actions (login required)

View Item
View Item