SAADAH, ANIS (2024) MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PARTS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BARIDA DESA WARU KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANIS SAADAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Anis Saadah 21156004 “Media Pembelajaran Loose Parts Sebagai Upaya
Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Barida Desa Waru
Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2023/2024” Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Muniroh
Munawar, S.Pi., M.Pd. Dosen pembimbing II Dwi Prasetiyawati, D.H, S.Pd.,
M.Pd. Yang melatar belakangi dalam mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kreativitas pada anak usia 5-6 tahun di TK Barida Waru Mranggen Demak. Ini
disebabkan rendahnya rasa ingin tahu anak terhadap segala yang ada di sekitar,
anak belum bisa menuangkan imajinasinya untuk menciptakan suatu karya
menggunakan berbagai macam media, anak belum bisa membuat suatu karya
sesuai dengan idenya sendiri tapi lebih pada meniru guru dan teman. Dalam hal
ini dapat terlihat dalam indikator kreativitas anak yang belum berkembang dengan
baik.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya meningkatkan
kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui media Pembelajaran Loose Parts di TK
Barida Waru Mranggen Demak tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian tindakan
kelas ini di buat dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6
tahun melalui media Pembelajaran Loose Parts di TK Barida Waru Mranggen
Demak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model
penelitian Kurt Lewin. Adapun Subjek penelitian berjumlah 20 anak yang terdiri
dari 11 laki laki dan 9 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.
Dalam penelitian ini digunakan teknik Pengumpulan data berupa lembar observasi
(Cecklist) dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Peningkatan
kreativitas anak dapat dikatakan berhasil apabila presentase kreativitas anak
mencapai 75 %. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media Pembelajaran
Loose Parts dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Barida
Waru Mranggen Demak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan
kreativitas anak pada siklus I meningkat sebesar 35% dan pada siklus 2 meningkat
sebesar 75 %. Kesimpulannya yaitu bahwa media Buku Miniseri Digital dapat
meningkatkan minat baca anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian ini
saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat menggunakan media
Pembelajaran Loose Parts dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan
kreativitas anak usia 5-6 tahun”
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 07:21 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3947 |