PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI SUB RAYON 3 TEMANGGUNG

Minawati, Madinatun (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI SUB RAYON 3 TEMANGGUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Madinatun Minawati.pdf] Text
Madinatun Minawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Madinatun Minawati. 2023. “Pengaruh Supervisi Akademik kepala
Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMP
Negeri di Sub Rayon 3 Temanggung”. Program Studi Managemen
Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Tesis.
Pembimbing (1) Dr. Ngasbun Egar, M.Pd. (2) Dr. Ghufron Abdullah,
M.Pd.
Kinerja guru dapat dimaknai sebagai kemampuan guru dalam
melaksanakan tugasnya sebagai pengajar yang memiliki keahlian
mendidik peserta didik dalam rangka pembinaan peserta didik untuk
tercapainya tujuan dari sebuah institusi pendidikan. Tujuan penelitian ini
diantaranya adalah (1) mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala
sekolah terhadap kinerja guru; (2) mengetahui pengaruh motivasi kerja
terhadap kinerja guru; (3) mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap
guru; dan (4) mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah,
motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP
Negeri di Sub Rayon 3 Temanggung yang berjumlah 322 guru. Sementara
sampel penelitian berjumlah 178 guru yang tersebar di 11 sekolah.
Kemudian metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket).
Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis
regresi, uji analisis, dan uji hipotesis menggunakan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan (1) supervisi akademik kepala sekolah
secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan hasil
nilai t hitung > t tabel (8,349 > 1,65356) dan nilai sig. 0,000 < 0,05, dan
besarnya pengaruh sebesar 28,4%; (2) motivasi kerja secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan hasil nilai t hitung >
t tabel (11,612 > 1,65356) dan nilai sig. 0,000 < 0,05, dan besarnya
pengaruh sebesar 43,4%; (3) disiplin kerja secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap kinerja guru dengan hasil nilai t hitung > t tabel (7,739 >
1,65356) dan nilai sig. 0,000 < 0,05, dan besarnya pengaruh sebesar
25,4%; dan (4) supervisi akademik kepala sekolah, motivasi kerja, dan
disiplin kerja secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan
terhadap kinerja guru dengan hasil nilai F hitung > F tabel yaitu 60,618 >
2,26 dan nilai sig 0,000 < 0,05 dan besarnya pengaruh simultan sebesar
51,5%.
Kata Kunci: Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Disiplin
Kerja, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:45
Last Modified: 12 Jun 2024 04:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3932

Actions (login required)

View Item
View Item